Warga Mengeluh, Jalan Poros di Desa Tawan Jaya Rusak, Hanya Satu Perusahaan Peduli

  • Bagikan
Foto : Warga melakukan penimbunan jalan menggunakna alat berat. Inzet, HRD PT BAK saat menyerahkan bantuan dana untuk perbaikan jalan. Foto.Adi/1tulah.com.

1tulah.com, MUARA TEWEH– Warga Desa Tawan Jaya (SP 1) di Kecamatan  Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara (Barut) Kalimantan Tengah mengeluh. Jalan poros di desa mereka mengalami kerusakan.

Penuturan warga desa, kerusakan jalan akibat sering dilintasi mobil berat milik perusahaan sawit, perkayuan dan tambang.

“Ya ada lima titik parah yang sulit dilewati di jalan poros, terutama di kilometer 3 SP 1. Kami sudah meminta bantuan kepada tiga perusahaan PT AKR, PT Joloi Mozak dan PT BAK. Tapi hanya satu perusahaan yaitu PT BAK yang sudah membantu dana untuk biaya operasional perbaikan,” ujar Ongke, warga Desa Tawan Jaya kepada 1tulah.com, Jumat (14/01).

Ia mengatakan, mobil operasional ketiga perusahaan ini sering melintas di jalan poros. Maka dari hasil musyawarah di desa, sepakat meminta bantuan ke mereka (perusahaan). Jumlah dana diperlukan untuk perbaikan Rp21 juta.

“Sampai saat ini baru PT BAK yang sudah membantu dana Rp7,5 juta. Dari PT AKR menunggu manage rnya pulang cuti dan satu perusahaan lagi PT Joloi Mozak belum ada kabar sampai sekarang,” kata Ongke yang juga menjaba ketua Koperasi Jaya Lestari.

Dari dana yang ada digunakan untuk membayar sewa alat berat Exsavator dan biaya truck angkutan penimbunan.

“Kami tak berharap lain ke pihak perusahaan, cuma bantu kami warga untuk memperbaiki, apalagi mereka juga selalu menggunakna jalan desa ini untuk operasional. Kalau yang dari perusahaan PT BAK sudah kami terima dana bantuannya tanggal 6 Januari kemarin,” kata warga lain bernama Suwandi.

Terpisah, HRD PT Berjaya Agro Kalimantan (BAK) di konfirmasi 1tulah.com mengatakan, pihaknya selalu andil membantu jika warga Desa Tawan Jaya meminta bantuan. Apalagi terkait perbaikan jalan.

“Mobil operasional kami sering lewat jalan poros di desa Tawan Jaya. Jadi ya memang kami harus bantu perbaikan. Dan kami sudah serahkan dana ke pihak warga,” kata Akhmad Sopian.

bantuan yang diberikan, tambah Sopian sebagai bentuk kerja sama yang baik antara pihak perusahaan ( PT berjaya agro Kalimantan) dengan pihak pemerintah Desa Tawan Jaya dan juga warga desa.

“Kita selalu bantu kog, sama seperti bantuan terhadap desa sekitar, apalagi desa yang masuk wilayah binaan,” imbuhnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *