Komplotan Pencuri Motor Trail Berhasil Dibekuk Polisi

  • Bagikan

1tulah.com, MUARA TEWEH– Dua dari lima komplotan spesialis pencuri Sepeda Motor Trail yang beraksi di Kota Muara Teweh, Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah berhasil dibekuk satuan buru sergap (Buser) Polres Barito Utara.

Kedua pelaku tertangkap berinisial MZ alias AZ (28) dan AT (27) warga Kalimantan Selatan. Mereka dibekuk polisi di dua tempat berbeda. MZ alias AZ dibekuk polisi dari rumah barak di Jalan Pararawen, Kecamatan Teweh Tengah. Sementara AT harus dijemput polisi bekerjasama dengan Buser Polres Hulu Sungai Tengah (HST) di Kecamatan Pandawan,  Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel.

Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kesuma melalui Kasat Reskrim AKP M Tommy Palayukan saat jumpa pers, Senin (29/11/2021) mengatakan, komplotan ini merupakan jaringan dan sindikat ranmor spesialis Trail lintas provinsi. Mereka beraksi di Panajam, Tanjung, Barabai dan juga di Muara Teweh

“Dua dari pelaku dapat kita amankan yaitu MZ alias AZ (28) dan AT (27). Sementara tiga pelaku lain berinisial H, B dan M kini masih dalam pengejaran polisi,” ujar AKP M Tommy Palayukan.

Dia menjelaskan, aksi komplotan ini sangat meresahkan. Dalam waktu dua bulan mereka berhasil membawa kabur sepeda motor Trail mereka CRF 150 sebanyak 8 unit.

“Enam unit berhasil kita amankan dari dua pelaku ini. Sementara dua unit lagi masih dalam pencarian termasuk tiga pelaku lain yang masih buron dalam pengejaran,” terangnya.

Komplotan inipun, dalam beraksi dan membawa kabur sepeda motor korbannya, dengan merusak kunci stang dan mengaburkan nomor rangka mesin dan juga nomor rangka body sepeda motor.

“Satu unit sepeda motor dapat kita kenali yaitu milik karyawan perusahaan yng dicuri di jalan A yani Gg Bappeda. Sementara untuk lima unit lagi masih diteliti kepemilikannya,” beber Kasat Reskrim.

Pelaku MZ Als AZ, sebenarnya warga Tabalong. Ia tinggal di Muara Teweh. Ia merupakan mata-mata, dan eksekutor mencuri dan merusak sepeda motor pelaku inisial H dari Kalsel. Adapun keenam unit sepeda motor ini berhasil didapat di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Terhadap pelaku polisi mensangkakan keduanya pasal 363 Jo 362 KUH Pidana. (Tim Redaksi)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *