Hari Pertama Wings Air Mendarat di Bandara HMS, Pemkab Habiskan Rp19,7 juta Beli Seat Kosong

  • Bagikan
Pesawat wings Air saat mendarat pertama kali di bandara HMS, Senin (29/11/2021). Foto. Ist

1tulah.com, MUARA TEWEH- Penerbangan perdana Wings Air melayani transportasi dari dan keluar Kota Muara Teweh di mulai sejak Senin (29/11/2021). Keberadaan pesawat jenis ATR 70-600 berkapasitas 78 orang ini, berkat kerjasama Pemerintah Daerah Barito Utara (Barut) dengan PT Wing Air. Penyambutan seremonial pun dilakukan jajaran pejabat Pemkab Barut secara meriah,  di Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan, Senin (29/11/2021).

Namun terbang perdana ini belum terbilang sukses. Sebab dari 78 seat tersedia, penumpang dari Banjarmasin-Muara Teweh hanya ada 29 orang. Sebaliknya Muara Teweh- Banjarmasin hanya 25 penumpang. Jika dihitung kontrak, dengan harga Rp758.300/seat. Pemkab harus menombok alias bayar seat kosong Rp19,715.800.

Perhitungannya dalam kontrak perjanjian kerjasama, penerbangan pulang pergi(PP) dengan hitungan 80 seat atau 40 seat sekali terbang.

Kepala Dinas Perhubungan Barito Utara, Feri Kusmiadi kepada 1tulah.com mengatakan, perjanjian kontrak menggunakan harga atas. Satu seat nya Rp758.300 sudah berdasarkan peraturan Mentri Perhubungan.

“Kerjasama kita dengan wings Air menggunakan sistim jaminan seat (bukan block seat). Aturan mainnya dihitung rute pulang pergi dengan jumlah seat 80. Artinya sekali terbang 40 seat dan pulang pergi (PP) 80 seat,” ujar Feri Kusmiadi, Senin (29/11/2021).

Kerjasama ini tambah Feri, akan dievaluasi setiap tiga bulan. Pembelian dan pemesanan tiket sudah bisa di aplikasi traveloka. wings Air, lanjut Feri merupakan transportasi udara tambahan yang sebelumnya hanya dilayani oleh Susi Air. Pesawat ATR jenis 70-600 ini akan melayani rute terbang tiga kali dalam seminggu, sesuai kerjasama kita pada hari Senin, Rabu dan Jumat.

Feri menjelaskan, dalam kerjasama ini pemerintah tidak ada mengambil keuntungan. Semua dilakukan untuk melayani masyarakat. Gunanya agar orang lebih mudah dan cepat datang dan berkkunjung ke daerah Barito Utara.

“Kalau membandingkan harga dengan kabupaten lain ya jelas tidak bisa. karena dulunya mereka juga sama seperti kita melakukan subsidi dan kerjasama jangka panjang. Kami yakin semakin ramai penumpang harga juga akan meyesuaikan. Dan bisa jadi maskapai lain bisa masuk  sehingga bisa bersaing dan harga bisa lebih murah,” terangnya.

Terpisah, Bupati Nadalsyah, Senin (29/11/2021) berharap kedepannya Bandara HMS dapat berkembang sehingga pesawat besar dapat mendarat dan beroperasi.

Dengan adanya penerbangan rutin di Bandara HMS, roda perekonomian di Kabupaten Barito Utara akan berkembang juga. “Alhamdulillah, kita saksikan bersama bahwa penerbangan perdana berjalan dengan lancar,” kata Nadalsyah.
Sementara, Direktur Operasi PT. Wings Air, Capt. Fitzgerald Julian mengatakan, Wings Air optimis ketersediaan rute penerbangan Wings Air akan mengakomodir kebutuhan calon penumpang, khususnya masyarakat di Kabupaten Barito Utara dan sekitarnya dalam rangka mendukung pemulihan perekonomian dan pariwisata di daerah ini.

Bagi calon penumpang khusus di wilayah Banjarmasin dapat membeli voucher RT-Rapid Test Antigen dengan harga terjangkau Rp 35.000 dan dapat membeli voucher RT-PCR Rp 225.000.(Tim Redaksi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *