Mantap, Rafa Firjatullah Sabet Medali Perak Kejurnas Catur Junior di Bangka Belitung

  • Bagikan
Rafa bersama pelatih dan ketua Percasi Mura Pahala Budiawan
Rafa bersama pelatih dan ketua Percasi Mura Pahala Budiawan

1tulah.com, PURUK CAHU – Pecatur junior asal Kabupaten Murung Raya (Mura) Rafa Firjatullah (10) yang mewakili Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Kejurnas catur Junior 2021 di Bangka Belitung 19-26 November 2021, berhasil menyabet Medali Perak perorangan putra di Kelompok Junior E.

Ketua Percasi Mura Pahala Budiawan menjelaskan, Kejurnas ini merupakan kali pertama Rafa mengikuti even, sehingga masih ada sedikit demam panggung. “Akan tetapi setelah melakukan penyesuaian dari babak pertama sampai ketiga permainannya sudah mulai stabil,” kata Pahala selaku offesial, Kamis (25/11).

 Advertisement Here

Dijelaskan, pada babak ke enam ketika menghadapi As SyahSyah Syakish Thirof dari Jawa Timur lawan yang sudah bergelar Master Nasional (MN) setelah melalui pertarungan yang ulet dan keras Rafa berhasil melibas lawannya. Bahkan Rafa juga berhasil mengalahkan para pecatur unggulan dari Jatim, Jabar, Banten dan DKI yang selalu mendominasi di setiap Kejurnas.

Poin akhir Rafa dengan Steven Tan (DKI) sama dengan poin 7, hanya saja Rafa kalah Head to head. Sehingga harus puas diposisi peringkat 2 ( Medali Perak ) . Peringkat 1 diraih Steven Tan 7 (DKI) 2. Rafa Firjatullah 7 (Kalteng) 3. As Syahsyah Syakish Thirof 6,5 (Jatim).
“Namun dengan hasil yang diperoleh dirinya berhak mewakili Indonesia pada Asean Youth Championship di Vietnam Tahun 2022,” ujar Pahala Budiawan.

Zainal Arifin selaku pelatih Rafa ketika dimintai komentarnya terkait kesiapan Rafa mengatakan, bahwa kedepannya Rafa akan terus dilatih secara mendalam baik teori dan praktek di Pondok catur Murung Raya sebagai persiapan menghadapi Asean Youth Campionship di Vietnam.

“Alhamdulillah Rafa sudah bisa bersaing dengan atlet atlet catur unggulan terutama dari DKI, Jabar dan Jatim. Kami ingin Rafa nantinya bisa masuk dalam 3 besar di Vietnam, dan tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada pengurus dan atlet Kalteng dalam mendukung prestasi Rafa,” tutupnya. (sur)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *