Home / Buntok / News / Parlemen

Kamis, 19 November 2020 - 17:51 WIB

Belajar Tata Kelola Sampah, DPRD HSU Kunjungan ke Barsel

Kalangan DPRD Kabupaten HSU Kalsel, foto bersama usai melakukan pertemuan dengan DPRD Barsel.

Kalangan DPRD Kabupaten HSU Kalsel, foto bersama usai melakukan pertemuan dengan DPRD Barsel.

1tulah.com, BUNTOK– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah  mendapat kunjungan kerja (Kunker) dari DPRD Hulu Sungai Utara (HSU) kalimantan Selatan, Pada Kamis (19/11/2020).

Maksud Kunker DPRD HSU ini adalah dalam rangka pembelajaran dan meminta informasi terkait pengolahan sampah non organik yang ada di Kabupaten Barsel.  Pengolahan sampah non organik di Barsel menurut wakil rakyat dari HSU dikelola dengan baik oleh intansi terkait. Karenanya mereka ingin belajar dalam hal pengolahan sampah non organik yang akan di terapkan di daerah mereka.

,

“Dari informasi yang kami dapatkan saat Kunker tadi, bahwa di Kabupaten Barsel ini pengolahan sampah non organik benar-benar bisa mereka manfaatkan, dari sampah-sampah yang mereka kelola dan mereka kumpulkan dan nantinya akan di olah menjadi pupuk,” ucap Mawardi selaku Wakil Ketua DPRD HSU kepada wartawan.

Legislator dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga mengatakan, dibandingkan dengan Kabupaten HSU pengolahan sampah non organik ini belum mengarah kesana, meskipun Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) sudah lama ada, malah di tiga Kabupaten di Kalimantan Selatan (Kalsel) bisa memanfaatkannya, dikarenakan jarak pembuagan TPAS yang jauh di Kabupaten kami, kami belum bisa memanfaatkannya.

“Karena itu kami selaku Anggota DPRD HSU akan mengupayakan dan megusulkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) setempat agar kita bisa memanfaatkan sampah-sampah non organik yang ada di Kabupaten HSU, supaya bisa diolah menjadi pupuk dan bisa bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten HSU,” katanya.

Di tempat yang sama Kepala Bagian (Kabag) Umum DPRD Barsel, Herlina mengatakan kepada wartawan, tadi sudah sampaikan kepada mereka terkait pengolahan sampah yang ada di Kabupaten Barsel.

“Kami memiliki Bank sampah yang dikelola oleh Pemda melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Bank sampah ini sudah berjalan dengan baik, dan DLH sendiri sudah memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan pengolahn sampah non organik, jadi itu saja yang saya smapaikan kepada mereka. (Ali)

 Advertisement Here ,
,

Share :

Baca Juga

Lamandau

Di Serang ‘Black Campaign’ Soal Kinipan, Begini Kata Sugianto Sabran Menjawabnya

News

Ariantho S Muller Kembali Dipercaya Nakhodai DPK PKPI Bartim

Muara Teweh

Alhamdulillah,Tenaga Perawat RSUD Muara Teweh, Hasil Swab PCR nya Negatif

Muara Teweh

Korban Banjir di Teweh Tengah Dapat Bantuan Sembako
tewas terpanggang

Berita

Terjebak Kobaran Api, Seorang Ibu Tewas Terpanggang

Muara Teweh

Anggota Dewan Kecewa Ketidakhadiran Team Satgas COVID-19 Barut

Nasional

Innalillahi, Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia

Muara Teweh

Duh, 2 Lagi Pasien Covid-19 Asal Barito Utara Meninggal Dunia
error: Content is protected !!