Home / News / Trawikul

Minggu, 15 November 2020 - 20:36 WIB

Ini 5 Kuliner Khas Surabaya Yang Bikin Ketagihan

1tulah.com, JAWA TIMUR– Surabaya tidak saja dijuluki Kota Pahlawan. Ibu kota Jawa Timur ini juga memiliki kuliner khas  makanan berkuah dan sambal lalapan.

Nah, bagi kamu sering bepergian ke Surabaya? jangan lupa cicipi 5 (lima) khas kuliner itu. Apa saja? ada Rawon, Lontong Balap, Kudapan Semanggi, Sate Klopo Ondomohen, dan terakhir Rujak Cingur. JIka mencicipinya dijamin ketagihan.

,

Kuliner-kuliner ini dikenal sudah sejak lama sekali. Cita rasanya yang khas sudah melekat di lidah para penikmatnya. Misalnya rawon Surabaya, kekhasan makanan ini ada pada kuah hitamnya yang kental, kemudian telur asin dan tempe goreng sebagai pendampingnya.

Bagi pecinta kuliner, seolah kurang pas jika berkunjung ke ibu kota Provinsi Jawa Timur ini tanpa mencicipi makanan-makanan tersebut. Selain enak, kuliner ini bagi sebagian orang konon juga nagih.

Media coba merangkum lima kuliner khas Surabaya berikut ini. Sudah barang tentu  jangan lupa mencicipi jika berkunjung ke kota ini:

1. Rawon Surabaya

Pada umumnya banyak warung makan, restoran, juga hotel di kota ini menyuguhkan menu rawon. Tapi kalau ditanya di mana warung makan rawon yang enak? Orang akan segera menunjuk dua tempat: Rawon Setan dan Rawon Kalkulator.

Rawon Setan ada di Jalan Embong Malang. Kalau Rawon Kalkulator ada di Jalan A Yani, tepatnya di kawasan taman kota, Taman Bungkul Surabaya, persis di samping jalan Makam Mbah Bungkul.

Sebenarnya tak harus di dua tempat inu, semua warung makan yang menyuguhkan kuliner rawon pasti enak. Sebab cita rasa khas rawon Surabaya selain kuah kluwek yang kental, dagingnya juga empuk, ada telur asin dan tempe gorengnya.

2. Lontong Balap

Makanan yang satu ini gampang sekali dicari. Ciri khas makanan ini ada pada touge kuah, bumbu sambal petis, lentho dan sate kerangnya. Tentu ada lontong seperti pada umumnya. Lontong Balap Pak Gendut adalah satu dari sekian banyak Lontong Balap yang ada di Surabaya.

Ciri khas lontong balap ini ada pada sate kerang lentho-nya. Untuk kerang mungkin sudah biasa. Tapi untuk lentho, barangkali cuma lontong balap yang punya. Lentho ini berbahan kacang tolo dan bumbu. Kuah kuning plus kecap menambah nikmat kuliner khas Kota Pahlawan ini.

3. Kudapan Semanggi

Semanggi menjadi makanan khas Surabaya karena dulu kota ini banyak rawanya. Semak semanggi tumbuh di sekitarnya. Masyarakat kemudian menjadikannya makanan.

Setelah dipetik, daun semanggi dibersihkan lalu direndam air panas selama beberapa saat. Dalam penyajiannya ia kemudian dipadukan dengan tauge yang juga sudah direbus. Semanggi bercampur tauge diletakkan di atas daun pisang yang sudah dibentuk segitiga, alias pincuk.

Semanggi tidak dimakan begitu saja. Ada bumbu cokelat kental yang dituangkan di atasnya. Bumbu itu dibuat khusus, merupakan perpaduan dari ketela, kacang tanah, dan gula merah. Rasa semanggi ini unik dan khas sekali. Anda harus coba.

4. Sate Klopo Ondomohen

Di Surabaya jangan lupa melewati Jalan Walikota Mustajab. Di sana ada sate Klopo Ondomohen Ny.Asih. Dari namanya saja pasti sudah tau donk depot ini menjual makanan apa? Ya pastinya menjual sate kelapa, di sini anda bisa memilih mau makan daging sapi, ayam, udang, usus, ataupun sumsum.

5. Rujak Cingur

Rujak banyak ragamnya. Tapi rujak yang ada cingurnya cuma ada di Surabaya dan sekitarnya. Di Surabaya, salah satu kedai rujak cingur populer adalah rujak cingur Ahmad Jais.

Rujak ini diolah dari perpaduan sayur-sayuran, buah dan bumbu. Bahannya lontong, sayur kankung dan tauge rebus, irisan cingur (hidung) sapi, irisan tempe goreng, tahu goreng, buah-buah, dan bumbu sambal petis kacang. (eni)

sumber berita : suara.com

 Advertisement Here ,
,

Share :

Baca Juga

Muara Teweh

Dinas Pertanian Barut Berduka, Mantri Tani nya Meninggal Karena covid-19

Berita

Satlantas Polres Bartim Lakukan Penyemproran Disinfektan di Ruang Satpas

Metrokrim

Loh, Kenapa Kuburan Bayi Yang di Bunuh Ibu Nya, di Bongkar Polisi

Buntok

DPRD dan Pemkab Barsel Bahas Raperda Produk Hukum

Muara Teweh

Update COVID-19 Barut : 8 Positif, 8 Sembuh dan Satu Meninggal Dunia

News

Pemkab Murung Raya, Lockdown Dua Kantor, 12 ASN Terkonfirmsi COVID-19

Berita

Gegara Klaster Perusahaan, di Mura 20 Warga Terpapar. Di Barut 9 Warga Positif Satu Meninggal.

Metrokrim

Ditunggu Makan Siang, Nelayan Ini Justru Ditemukan Tewas
error: Content is protected !!