Keseringan Hisap Aroma Lem, Enam Warga Desa Lemo II Mengalami Sakit Jiwa

1.1k
SHARES
2.8k
VIEWS

1tulah.com,MUARA TEWEH– Kabar ini tentu membuat kaget. Betapa tidak, diduga gara-gara sering menghisap  aroma lem(lem fox), 6 anak remaja di Desa Lemo II Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara(Barut) Kalimantan Tengah), mengidap sakit jiwa. Hal ini seperti diungkapkan sekretaris desa(Sekdes) Edy Suriadi kepada 1tulah.com, Rabu(29/7/2020) di Muara Teweh.

“Ada enam sampai tujuh orang di kampung kami yang mengalami sakit jiwa. Mereka salah pergaulan dan sering menghisap lem Fox. Rencana kami dari perangkat desa, akan mengantarkan mereka nanti ke rumah sakit Jiwa Kalawa Atei di Palangka Raya,” kata Edy.

Wawancara 1tulah.com dan Sekdes Desa Lemo II, usai melihat pemberangkatan enam warga dari beberapa desa yang mengalami gangguan jiwa, diberangkatkan oleh Dinas PMD dan Sosial Barut.

Dikatakan Edy,  kebanyakan yang mengalami sakit jiwa anak remaja ini semuanya laki-laki. Saat ini mereka ketergantungan obat untuk menenangkan jiwa nya. “Kalau obat habis, ya begitu, keluar rumah sambil nyanyi-nyanyi. Kalau mengganggu orang atau warga tidak, tapi mengalami sakit jiwa. Ya penyebabnya itu tadi keseringan hisap lem fox,” terangnya, sembari memastikan, perangkat desa Lemo II sudha berembuk akan memberangkatkan keenam remaja alami sakit jiwa ini ke Palangka Raya, usai lebaran haji.

Edy menerangkan lagi, mereka perlu direhabilitasi dan dirawat dengan baik. Karena prihatin, nantinya, pihak pemerintahan Desa Lemo II, sambungnya, akan berkordinasi dengan Dinas PMD dan Sosial Barut, dalam memebrangkatkan warga mereka yang mengalami gangguan jiwa, untuk dirawat di RSJ Kalawa Atei Palangka Raya.(eni)

 

Related Posts

Discussion about this post

ADVERTISEMENT

Recommended

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

error: Content is protected !!