Warga Desa Pendreh Manfaatkan Air Pegunungan

MUARA TEWEH,1tulah.com – Dekat dengan sumber mata air pegunungan Pararawen, di manfaatkan oleh warga Desa Pendreh. Mereka menggunakan air  di pegunungan kawasan hutan lindung itu untuk segala keperluan, terutama untuk minum dan lainnya.
Kepala Desa Pendreh, Sugian mengatakan, untuk sumber mata air di Desa Pendreh ini berasal dari mata air di hutan lindung desa setempat. Ada dua sumber mata air di desa setempat. “Sumber mata air ini berjarak sekitar empat kilometer dari desa. Dan Alhamdulillah, walapun sejauh itu, karena itu menyangkut kebutuhan masyarakat akhirnya dapat dilaksanakan dengan menyambung pipa paralon yang cukup besar hingga sampai ke desa,” ujarnya,Rabu(20/11/2019).

Sedangkan sumber mata air yang kedua berjarak sekitar dua kilometer dari desa. Sumber mata air ini sudah disalurkan dan digunakan ke masyarakat setempat. Saat ini tugas kepala desa Pendreh, yang satu sumber air sudah fungsional, dan yang satu masih dalam tahap pengerjaan.
“Saat ini pipa air ini sudah diletakkan di tepi jalan dan air terus mengalir karena posisi sumber air ini berada di pengunungan kawasan hutan lindung Pararawen Desa Pendreh,” tambahnya.
Lagi menurutnya, program air bersih ini sangat membantu warga Desa Pendreh. Dimana program ini sangat begitu penting bagi desa Pendreh. Sebelum adanya program air bersih ini warga sangat kesulitan dengan air bersih.
“Dengan adanya program air bersih dari pemerintah ini, kami warga desa Pendreh bisa menikmati air bersih. Kami ucapan terima kasih atas program bantuan air bersih ini. Air bersih dari pegunungan hutan lindung Pararawen ini bisa langsung di konsumsi,” kata Kades Sugian.
Kades Pendreh juga mengatakan bahwa hampir seluruh warga Desa Pendreh telah menikmati air bersih ini. Hanya tinggal beberapa persen yang belum menikmati air bersih. Dan dengan adanya program air bersih tersebut.
“Warga desa Pendreh ini dihuni sekitar 600 lebih kepala keluarga, dan yang sudah menikmati air bersih kurang lebih sekitar 500 KK dan sekitar 100 KK yang masih belum menikmati air bersih, dan diharapkan pada tahun ini dengan dana desa (DD) yahap tiga kami akan menuntaskan program air bersih ini agar seluruh warga di desa kami bisa menikmati air bersih,” katanya.
terpisah, Warga Desa Pendreh Sufaat menyampaikan ucapan terima kasih dengan adanya program air bersih ini. Sebelumnya warga sangat kesulitan dengan air bersih. Dan dengan adanya program air bersih ini kami merasa terbantu. “Dengan adanya program ini warga tidak lagi BAB di sungai. Warga sangat terbantu dengan program air bersih ini. Dan kita meminta agar kedepennya program air bersih ini lebih ditingkatkan agar semua warga di desa ini bisa merasakan air bersih. Dan air dari pegunungan ini bisa langsung di konsumsi,” kata Sufaat.(eni)

Related Posts

Discussion about this post

ADVERTISEMENT

Recommended

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

error: Content is protected !!