Duh, Jalan Menuju Teluk Malewai Nyaris Putus

0
38
Jalan inilah yang dikeluhkan warga Teluk Malewai.

MUARA TEWEH,1tulah.com – Abrasi yang terjadi di tepian Sungai DAS Barito membuat tanah longsor. Akibatnya, sejumlah titik jalan di Desa Teluk Malewai Kecamatan Lahei Barat,Barito Utara(Kalimantan Tengah) ambruk dan nyaris membuat jalan putus.
KOndisi ini dikeluhkan warga. Mereka pun meminta penanganan oleh Dinas PUPR Kabupaten Barito Utara.

Salah warga, Wandi mengatakan sejak ambruknya jalan Desa di RT I beberapa waktu lalu membuat akses warga menjadi terganggu. “Kita khawatir ambruknya jalan ini, selain dapat membahayakan para penguna jalan, kerusakan juga akan semakin bertambah parah apabila tidak segera dilakukan penanganan,” ujar Wandi kepada wartawan,Minggu(7/7/2019).
Warga desa katanya, sangat berharap agar kerusakan jalan yang terjadi di desa mereka ini dapat segera di tanggani oleh Dinas PUPR untuk dilakukan perbaikan. Terpisah, Kepala Desa Teluk Malewai Sugito Rianto mengatakan bahwa jalan tersebut merupakan proyek Kabupaten dan pihaknya juga telah menyampaikan ke Dinas PUPR terkait kerusakan jalan tersebut.
“Kita sudah menyampaikan ke Dinas PUPR terkait kerusakan jalan ini dan pihaknya juga sudah ada turun kelapangan untuk melakukan pengecekan dan pengukuran,” kata Sugito.

Terkait hal itu, Kabid Bina Marga Dinas PUPR, Rody mengatakan bahwa pihaknya akan segera turun kelapangan untuk melakukan pengecekan jalan. Namun, melihat kondisi tanah yang ada sekarang ini, jalan tersebut memang harus di lakukan pemindahan trase jalan dari tepian DAS Barito.

“Kalau memang nantinya harus dilakukan pemindahan trase jalan, kita terlebih juga akan berkoordinasi dengan Kades Teluk Malewai terkait masalah lahan nantinya,” kata Rody yang baru saja menjabat sebagai Kabid Bina Marga di Dinas PUPR, saat di konfirmasi wartawan di kantornya.(Nie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here