Slot Penerbangan Terbatas, JCH Barito Utara Transit di Bandara Madinah

0
202
Ilustrasi_foto NET

MUARA TEWEH,1tulah.com – Kementrian Agama Republik Indonesia sudah menetapkan jadual keberangkatan Jamaah Calon Haji(JCH) Barito Utara, Kalimantan Tengah pada tanggal 3 Agustus 2019. Jamaah haji Barito Utara yang tergabung pada kloterĀ  18 dengan JCH Barito Selatan(Barsel) dan Sukamara. Sebelumnya, 322 Jamaah haji ini, akan dikarantina di Embarkasi haji Banjarbaru(Kalsel). Hanya saja, tahun ini meski masuk gelombang kedua, kloter terakhir Kalteng, tidak mendarat di Jeddah, melainkan transit di Bandara Medinah.

Jamaah Clon haji barito Utara, ketika mengikuti sosialisasi dan penyuluhan di Aula kantor Depag Barito Utara.

“Penambahan quota haji tahun ini berdampak pada angkutan penerbangan. Arab Saudi hanya menetapkan 17 kloter. sedang kita ada 19 kloter. Karenanya, kloter 18(Kalteng) dan 19(Kalsel) transit di Medinah, lalu lanjut menuju Mekkah menggunakan Bus,” ujar Rifansyah, Tim Pemandu haji Indonesia(TPHI), mengatakan pada acara sosialisasi dan penyuluhan kepada jamaah calon haji Barito Utara,Sabtu(6/7/2019), di Aula kantor Depag.

Dia yang juga sekaligus Ketua Kloter 18 JCH Kalteng ini mengingatkan kepada jamaah untuk meningkatkan stamina dan fisik. Mengingat, rute persinggahan yang berbeda dari tahun sebelumnya.

karena hanya transit di bandara Medinah. Fisik mesti prima lantaran harus menempuh perjalanan darat Medinah-Mekkah kurang lebih 6-7 jam. yang diteruskan lagi dengan melakukan rangkaian ibadah lain seperti tawaf dan Sai di Mekkah, hingga nantinya melanjutkan ibadah haji Wukuf di Arafah.

“Mudahan ini semua ada hikmahnya dan pelaksanaan ibadah haji kita semua dimudahkan,” tutupnya.

Sementara itu, untuk keberangkatan JCH Barito Utara ke embarkasi Banjarbaru(Kalsel) belum diketahui kepastiannya. Apakah harus singgah ke embarkasi antara di Palangkaraya lalu lanjut ke embarkasi banjarbaru yang kesemuanya menggunakan tranfortasi darat(BUS) atau langsung dari Muara Teweh menuju Banjarbaru.

“Kita masih menunggu hasil keputusan lelang Dinas Perhubungan Provinsi terkait penggunaan rute penerbangan palangkaraya-banjarmasin. MUngkin setelah tanggal 9 Juli nanti sudah ada keputusan,” timpal Kasi Haji Kantor Depag barito Utara, H Muhammad.

Quota tahun 2019 ini, JCH barito Utara berjumlah 127, lebih sedikit dari tahun sebelumnya yang mencapai 161 jamaah.(Nie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here