Perluas Pemukiman di Desa, Pemdes Teluk Malewai Buka Jalan Baru

0
68
Pemdes Teluk Malewai saat membuka akses jalan lingkungna baru di desa nya.

MUARA TEWEH,1tulah.com – Semakin berkembangnya lingkungan desa dengan berbagai pembangunan, membuat pemerintahan desa Teluk Malewai Kecamatan Lahei Barat, Barito Utara(Kalimantan Tengah), membuka akses jalan baru. Pembukaan infrastruktur ini tidak saja, kebutuhan mempermudah angkutan pertanian juga memperluas pemukiman penduduk setempat.

Guna keperluan itu, Pemdes setempat mengalokasikan anggaran kurang lebih Rp 370 juta untuk membangun jalan baru dengan konstruksi cor beton. Hal ini seperti diungkapkanĀ  Kepala Desa Teluk Malewai, Sugito Rianto saat disambangi wartawan,Sabtu(6/7/2019).

Dikatakannya, selain untuk memperluas penyebaran pemukiman penduduk desa yang saat ini berjumlah sekitar 899 jiwa dari 273 kepala keluarga (KK), jalan cor beton yang akan dibangun ini juga ditujukan untuk memudahkan warganya dalam mengangkut hasil pertanian dari kebun yang ada disekitarnya.

“Dengan dibangunnya jalam cor beton sepanjang 225 meter dengan lebar 5 meter ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat dan menjadikan nilai jual tanah atau lahan yang ada dikanan kiri jalan tersebut menjadi lebih tinggi,” ujar Sugito.

Menurutnya, sesuai dana yang ada baik dari Alokasi Dana Desa (ADD) maupun yang bersumber dari Dana Desa (DD) sejumlah kurang lebih Rp 1,7 miliar, tentunya masih banyak program kegiatan yang dilaksanakan tahun 2019 ini.

“Untuk kegiatan fisik, diantaranya ada kegiatan semenisasi jalan lingkungan sepanjang kurang lebih 50 meter, pembuatan pagar TK Paud, pembuatan WC umum, pembenahan Posyandu Balita dan Posyandu Lansia,” bebernya lagi.

Ditambahkannya, sedangkan untuk kegiatan non fisik ada sejumlah kegiatan, seperti penambahan modal Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), program pembinaan dan pemberdayaan masyarakat bagi ibu-ibu PKK serta Karang Taruna.(Nie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here