Desa Ini Tak Lagi Krisis Air Bersih

0
86

MUARA TEWEH,1tulah.com – Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS), ternyata membebaskan Desa Sei Rahayu I Kecamatan Teweh Tengah, Barito Utara(Kalimantan Tengah) dari krisis air bersih. Padahal sebelum masuknya program pusat itu, warga desa sangat kesulitan air bersih. Apalagi mereka hanya memanfaatkan air sumur dan air sungai.

“Setelah ada program pamsimas, air sangat mudah didapatkan. Karena, kran air sudah tersedia,  baik untuk keperluan rumah tangga juga sarana umum lainnya,” kata Pj Kepala Desa Sei Rahayu I, Suryadi,Sabtu(29/6/2019).

Dikatakannya, masyarakat saat ini merasa terbantu dengan adanya program tersebut.  Selain dana desa yang setiap tahunnya digunakan untuk membangun infrastruktur.
“Beberapa tahun lalu, ada tambahan warga kita sekitar delapan puluh kepala keluarga, dimana penempatan warga transmigrasi. Dengan bertambahnya warga, maka jalan desa juga bertambah hingga beberapa kilometer,” bebernya.

Dengan bertambahnya warga itupula, maka untuk sarana air bersih sangat diperlukan,  seperti saat sekarang ini. Apalagi sebagian besar warga adalah petani.
Pihaknya juga berharap dengan dana desa yang telah dan akan dikucurkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga.

“Sebab dengan adanya jalan dan sarana air bersih,maka kebutuhan yang didambakan warga dapat terpenuhi dengam baik,” imbuhnya.

Apalagi kata dia,  penerangan seperti listrik dari PLN sudah menyala. Sehingga suasana desa yang dulunya gelap sekarang berubah menjadi terang, kendati di wilayah perdesaan yang jauh dari ibu kota Kecamatan.

“Kita sangat berterimaksih kepada. Pemerintah atas infrastruktur yang telah dibangun. Selain itu,  untuk dana desa kita fokus membangun sarana umum,  baik jalan dan jembatan hingga sarana lainnya sesuai dengan petunjuk tehknis, “pungkasnya.

Warga Desa  Sei Rahayu I, Kecamatan Teweh Tengah,  selain nikmati jalan Desa yang mulus, listrik juga menikmati sarana air bersih. Selain kucuran dana dari pemerintah daerah juga bersumber dari alokasi dana desa dan dana Desa. (Nie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here