Atasi Krisis Air Bersih, Pemdes Liju Bangun Embung

0
29
Kepala Desa Liju, Pilotius saat memperlihatkan Embung yang sudah mereka bangun, guna mengantisipasi krisis air bersih di desa nya

MUARA TEWEH,1tulah.com – Air bersih diperlukan semua warga. tak mau menjadi kendala, Pemerintah Desa(Pemdes) Liju Kecamatan Teweh Timur membangun embung(bendungan read). Tidak itu saja pembangun itu didukung dengan membangun instalasi jaringan air langsung ke rumah warga. Semuanya memanfaatkan dana desa(DD) guna kebutuhan warga desa.

Kepala Desa Liju Pilotius kepada wartawan mengatakan, program yang mereka  prioritaskan saat ini adalah pembangunan sarana air bersih. Karena sejak desa nya dimekarkan, kendala air berish menjadi hal utama. Dan permasalahan ini juga di rasakan di beberapa desa di Kecamatan Teweh Timur antara lain seperti, Desa Mampuak I, Desa Mampuak II dan Desa Pantung juga mengalami nasib yang sama.

Pilotius menjelaskan, salah satu pilar pembangunan bagi pemerintahan Desa Liju saat ini adalah air bersih. Tahun 2019, pihaknya kami mencanangkan pembagian tong penampungan air kepada masing masing warga dengan kapasitas 1200 liter yang bersumber dari anggaran dana desa (DD).

Pilotius mengharapkan, pembagian tong kepada masing masing warga harus di jaga dengan baik, karena tong penampungan air tersebut adalah salah satu aset pemerintah desa (Pemdes) yang di pinjamkan kepada masing masing warga katanya sabtu 15/6.

Selain pembangunan sarana air bersih lanjut Pilotius,pihaknya juga memprogramkan pembuatan lokasi wisata berupa tempat pemancingan yang tidak jauh dari embung (bendungan read).

“Lokasi wisata itu nantinya, akan di kelola dengan baik dan menjadi sumber pendaparan desa,” tutupnya.(Nie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here