MUARA TEWEH,1tulah.com -Kabar gembira untuk warga Muara Teweh, Kalimantan Tengah. Dua objek wisata di daerahnya bakal di percantik. Ini setelah Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga(Disbudparpora) mendapat sokongan dana alokasi khusus(DAK) pemerintah pusat. Dana dukungan itu sebesar 1,5 miliar.

Kepala Disbudparpora  H Arbaidi mengatakan, Dana DAK yang diterima untuk pengembangan dua objek wisata. Yakni objek wisata DAM Trinsing dan Air Terjun Jantur Doyan KM 18 arah Muara Teweh-Puruk Cahu.

Dikatakan Arbaidi, Kedua objek wisata ini merupakan objek wisata andalan di Barito Utara, yang selalu ramai di kunjungi warga pada hari libur.  Dijelaskannya, untuk objek wisata DAM Trinsing, diantara pekerjaan yang akan dilaksanakan yaitu membangun Gajebo sebanyak 3 (tiga) unit. fungsinya untuk peristirahatan dan tempat warga melepas lelah saat mengunjungi tempat wisata itu. Lainnya, adalah pengembangan lahan parkir untuk sepeda motor dan mobil.

Lebih lanjut Arbaidi mengatakan untuk gajebo di tempat wisata DAM Trinsing ini 2 (dua) unit diantaranya adalah Gajebo terapung dan satu unit satu di lahan objek wisata. Sedangkan di objek wisata air terjun Jantur Doyan, KM 18 Muara Teweh-Puruk Cahu akan dibangun panggung kesenian, kios sebanyak 3 (tiga) unit yang nantinya untuk tempat berjualan cindramata atau produk-produk unggulan khas daerah ini, dan berjualan makanan.

“Juli bulan depan kita sudah akan melaksanakan penandatanganan kontrak dan membuat laporan-laporan terkait hal tersebut. Pembenahan tempat-tempat wisata Ini juga sesuai visi-misi bupati dan khusus untuk objek wisata buper telah ada dianggarkan dana melalui APBD Kabupaten untuk pembenahannya sehingga menambah daya tarik masyarakat untuk berkunjung ke tempat wisata yang ada di daerah ini,” tambahnya.(Nie)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here