MUARA TEWEH,1tulah.com -Tersabungnya akses jalan Muara Teweh menuju Palangkarya sepertinya menjadi sangat prioritas Bupati Barito Utara, kalimantan Tengah Nadalsyah. Buktinya, pengerjaan jalan ini terus mendapat perhatian serius. hingga kini tercatat, orang nomor satu di Bumi bermoto Iya Mulik Bengkang Turan ini, sudah sidak hampir 5 kali. Teakhir, dirinya turun langsung ke lapangan bersama Wakil Bupati Sugianto. Keduanya meninjau langsung Jalan Tembus Lemo-Simpang Batapah, kemarin.

Untuk melihat sejauhmana realisasi pekerjaan jalan tersebut, Bupati Nadalsyah dan Wabup Sugianto Palana Putra melakukan peninjauan jalan tersebut sekaligus melakukan uji coba melintasi jalan yang tengah di garap.

Nadalsyah mengatakan, dengan terbangunnya jalan alternatif ini maka jarak tempuh menuju Palangka Raya menjadi lebih dekat.

“Kalau kita melewati atau melalui jalan yang sudah ada, 2,5 atau 3 jam baru sampai Ampah, dan kalau melalui atau melewati jalan yang sedang dibangun ini 2,5 jam kita sudah ada di Simpang Batapah sehingga lebih dekat,” kata Nadalsyah.

Jalan alternatif ini katanya, dengan rute Muara Teweh-desa Lemo-jalan perusahaan PT KTC-desa Durian Ramba-KM 21 PT MMS-PT TOP-KM 15-Bundaran simpang Bohot-simpang empat Batapah dengan jarak kurang lebih 125 KM.

Sementara itu, dari simpang empat Batapah menuju Palangka Raya sejauh 136 km. Selanjutnya dijelaskan Nadalsyah bahwa pembangunan jalan ini disamping dilaksanakan oleh pemerintah, masyarakat juga dibantu oleh beberapa perusahaan yang berada di wilayah kabupaten Barito Utara antara lain PT Mitra Barito, PT TOP,  PT KTC, PT SHS, PT PAMA dan PT SMM.

Bupati yang akrab disapa H Koyem ini mengharapkan dengan terbukanya jalan alternatif ini, rencana selanjutnya akan membangun jalan jalur tengah trans Barito Utara-Kapuas untuk menghubungkan kota Muara Teweh kabupaten Barito Utara dan kabupaten Kuala Kapuas.(Nie)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here