MUARA TEWEH,1tulah.com – Komisi Pemilihan Umum daerah (KPUD) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, sudah melakukan rapat pleno terkait hasil suara pemilu 2019. Kegiatan yang berlangsung terbuka itu digelar sejak tanggal 30 April hingga 1 Mei 2019. Hasilnya, Partai Demokrat menjadi jawara dan berhasil menggeser PDI P sebagai penguasa baru di legislatif,  mengantongi 15.063 suara.

Sementara PDI P yang dulunya berjaya, kini hanya menempati posisi ketiga dengan mengantongi 9.657 suara. Mereka mampu disalip PKB diposisi kedua dengan perolehan suara 9.928 suara. Sementara Gerindra mendapat 7.466 suara, dan PPP memperoleh 6.225 suara.

Dari hasil perhitungan itu, Demokrat mendapatkan lima kursi dan jabatan Ketua DPRD Barito Utara.Sementara PKB meraih empat kursi dan jabatan Wakil Ketua I DPRD. Lalu PDI Perjuangan memperoleh empat kursi dan jabatan Wakil Ketua II DPRD. Gerindra dan PPP meraup tiga kursi dan berhak membentuk fraksi murni.

Ketua KPU Kabupaten Barut Malik Muliawan, mengatakan rapat pleno terbuka telah berjalan dengan aman sesuai dengan mandat akan diserahkan oleh KPUD ke jenjang lebih aatas . “Keputusan pleno akan ditindaklanjuti dengan kegiatan rapat pleno di tigkat provinsi. Rencananya 4 dan 5 Mei 2019,” ujarnya kepada wartawan di Muara Teweh.(Nie)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here