Paripurna, Dewan Sampaikan Hasil Reses

0
32

MUARA TEWEH,1tulah.com – DPRD Kabupaten Barito Utara (Batara) Kalimantan Tengah menyampaikan hasil reses masa sidang I tahun 2019 di gedung DPRD setempat, Senin (1/4). Penyampaian hasil reses ini disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Barito Utara dengan menggelar rapat paripurna.

“Seluruh anggota DPRD Barito Utara baru saja melaksanakan kegiatan reses sesuai dengan dapilnya masing-masing. Dan sebagaimana diketahui bahwa sesuai dengan pasal 161 UU Nomor 23 tahun 2014 menyatakan bahwa kewajiban anggota DPRD adalah meyerap dan menghimpun aspirasi konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala,” kata Ketua DPRD Barito Utara Set Enus Y Mebas.

Dikatakannya, pelaksanaan kunjungan kegiatan reses DPRD Barito Utara dalam wilayah Kabupaten Barito Utara dilaksanakan secara perseorangan sejak tanggal 4-13 Maret 2019, bertujuan untuk megunjungi daerah pemilihannya guna menyerap aspirasi masyarakat.

“Dan hasil dari kegiatan reses tersebut akan dituangkan dalam bentuk pokok-pokok pikiran DPRD yang sudah dipaparkan melalui forum perangkat daerah Kabupaten Barito Utara pada tanggal 27 Maret 2019 yang lalu,” kata Enus panggilan akrab ketua DPRD.

Sesuai jadwal kegiatan DPRD kata Ketua Dewan, pada hari ini tanggal 1 April 2019 terjadwal kegiatan rapat paripurna DPRD Barito Utara dengan agenda penyampaian laporan hasil reses. “Hasil reses akan diserahkan langsung kepada pemerintah daerah sebagai bahan masukan untuk menyusun RAPBD Barito Utara tahun anggaran berikutnya,” kata Set Enus Y Mebas.

Sementara Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra menjelaskan bahwa kegiatan reses sangatlah penting sekaligus mempunyai nilai-nilai strategis dalam rangka mencari bahan masukan dan menyerap aspirasi masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Barito Utara.

“Hal ini merupakan tanggungjawab bersama antara DPRD dan Pemerintah Daerah dalam menjawab berbagai kebutuhan ataupun permasalahan yang dihadapi masyarakat, sebagai masukan dalam penyusunan terhadap kebijakan pemerintah  serta pelaksanaan tugas alat kelengkapan DPRD,” kata Wabup Sugianto Palanala Putra.

Wabup juga mengharapkan kegiatan reses yang telah dilaksanakan dapat lebih mementingkan rasa pengabdian dalam menunaikan amanat rakyat, yang diwujudkan dalam program kerja yang benar-benar menyentuh kepentingan masyarakat sesuai skala prioritasnya.

“Untuk itu kita bersama berharap, reses ini dapat lebih mempererat tali silaturahmi kepada masyarakat sebagai upaya memenuhi harapan-harapan mereka untuk dapat menuju arah yang lebih baik dimasa yang akan datang,” ucapnya.

Lebih lanjut Sugianto Panala Putra menjelaskan diharapkan hasil paripurna penyampaian hasil reses ini nantinya akan menjadi perhatian kita bersama, yang nantinya akan menjadi bahan evaluasi dan sumber informasi pemerintah daerah dalam merencanakan pembangunan daerah di masa yang akan datang.(Nie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here