MUARA TEWEH,1tulah.com – Berhasilnya pertanian melon yang dilakukan oleh Mahrudin atau yang akrab disapa pak Gilang, di Desa Terinsing Kecamatan Teweh Selatan, kalimantan Tehgah, ternyata menjadi motivasi bagi warga setempat untuk mengikuti jejaknya. Kini selain Mahrudin warga lain mengikuti. Salah satunya Muhtadi di Desa Terinsing, serta dua orang lagi warga Trans Bangdep yang juga tertarik menanam buah melon.
Untuk di Desa Terinsing pembudidaya Buah Melon jenis Erni dilakukan di lahan persawahan. Untuk lokasi tanamam Mahrudin dan Muhtadi tepat bersebelahan. “Pertanian buah melon di Desa Terinsing ini sudah mulai di minati oleh warga lainnya. Kita dari Pemerintahan Desa tentu sangat mendukung hal ini,” ujar Kades Heri Mansupardi.

Menurut Kades pula, dalam APBDes tahun 2019 ini selain menganggarkan pembangunan infrastruktur juga dianggarkan dana untuk pembinaan para petani. Dan rencananya juga untuk membantu para petani di wilayahnya Bumdes Desa, akan diarahkan untuk dalam memasarkan hasil produksi pertanian di Desa Terinsing.

“Untuk mempermudah para petani memasarkan hasil pertaniannya, rencana kita nantinya akan menggunakan Bumdes. Jadi Bumdes nantinya yang akan membeli hasil panen para petani dan menjualnya ke pasaran,” jelas Kades Terinsing.

Karena sudah adanya contoh pertanian yang berhasil dan bisa memperoleh hasil hingga puluhan juta, pria yang akrab disapa Heri ini menghimbau warga Desa Terinsing lainnya, untuk mempergunakan lahan yang dimiliki untuk pertanian, dari pada lahan tersebut tidak memberkan menghasilan.

Sementara itu, Mahrudin juga menyambut baik ada warga lainnya yang juga tertarik menanam buah melon. Dia pun siap nantinya jika ada warga yang meminta diajarkan dalam melaksanakan pertanian ini. “Saya siap saja membantu warga memberitahukan cara-cara dalam melaksanakan pertanian melon ini, sebatas apa yang saya ketahui,” ucapnya.

Sebelumnya, diketahui bahwa pertanian buah melon yang dilaksanakan oleh Mahrudin di lahan seluas ¼ Hektar, hasilnya mencapai puluhan juta rupiah. Dalam melaksanakan pertanian melon ini, pria yang akrab disapa bapak Gilang tersebut mendapat bimbingan Dinas Pertanian Kabupaten Batara.

Pertanian buah melon ini merupakan program baru dari Dinas Pertanian setempat, karena selama ini baru terdengar adanya tanaman melon yang berhasil berbuah banyak yang dibudiayakan oleh petani. “Dalam melaksanakan Pertanian buah melon ini, sistem yang digunakan adalah dengan tetas air. Alhamdulillah hasilnya memuaskan,” ucap Kepala Dinas Pertanian, Ir Setia Budi. “Karena pertanian buah melon ini berhasil, rencananya kedepan untuk luas wilayah tanam akan ditambah. Rencananya petani akan memanfaatkan lahan persawahan, sebab tanaman ini memerlukan banyak air,” ungkapnya.(Nie)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here