MUARA TEWEH,1tulah.com –¬† Berdasarkan hasil monitoring dan penghitungan, jumlah bangunan sarang burung walet di Kabupaten Barito Utara, hingga saat ini ada sekitar 250 buah. Dari jumlah itu sebagian besarnya sudah menghasilkan.

Kepala Badang Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Barito Utara, Aswadin Noor, Rabu (20 /3/2019) membenarkan jumlah  sudah masuk data yang segera dilakukan penagihan secara menyeluruh,baik wilayah perkotaan hingga Kecamatan.

Menurut Aswadi, dari jumlah sarang walet ini dipastikan sumber pendapatan dari pajak sebesar sepuluh persen, sangat menjanjikan untuk sumbangan pembangunan daerah.

Aswadin noor juga mengungkapkan, semula memang pajak sarang burung walet sempat terhenti penagihannya karena masalah tehknis.akan tetapi tidak berarti tidak dilakukan lagi penagihan.

“Oleh karena itu, mulai bulan ini akan kita lakukan penagihan secara keseluruhan, baik perkotaan hingga perdesaan,”katanya.

Ditegaskannya, untuk penagihan juga besaran angka sesuai dengan keputusan sebesar sepuluh persen. Kendati ada revisi jumlah angka, akan tetapi perdanya masih dibahas.

Aswadin noor juga memaparkan dalam melakukan penagihan diharapkan transparan mengenai jumlah hasil sarang burung walet. Agar nanti petugas di lapangan tidak kesulitan baik pendataan jumlah hasil maupun pungutan yang disahkan sesuai dengan ketentuan.

Aswadin noor juga mengatakan.,memang saat ini para petugas banyak mengalami kendala dalam penagihan, karena para pemilik sangat sulit ditemui.Salah satunya ada di Kota Muara Teweh, dimana jumlah hasilnya sangat besar.(Nie)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here