para guru di Kecamatan Gunung Timang usai mengikuti sosialisasi dana Bos,BOsda dan PIP, foto bersama dengna pejabat Dinas Pendidikan Batara

MUARA TEWEH, 1tulah.com – Dinas Pendidikan Barito Utara, kalimantan Tengah, terus mensosialisasikan  penggunaan Dana Bos-Bosda dan PIP. kali ini yang mendapat giliran adalah sejumlah sekolah dasar(SD) dan Sekolah menengah tingkat Pertama(SLTP) di Kecamatan Gunung Timang. Sedikitnya 22 sekolah ambil bagian yang pelaksanaannya dipusatkan di SDN 1 Kandui, Rabu(13/3/2019).

Kepala Dinas Pendidikan Batara, H MAsdulhaq dalam arahannya mengatakan, kegiatan semacam ini sudah rutin di laksanakan setiap tahun, PIhaknya, dari Tim Pengelola dana Bos , Bosda , Program Indonesia Pintar ( PIP ) Dinas Pendidikan berpesan, agar menggunakan dana BOS,BOsda dan PIP  dengan sebaik baiknya.

Dan  dana yang dikucurkan langsung ke sekolah masing masing. :Tahun sebelumnya kucuran dana melalui kantor Pos. Sedang tahun ini 2019  pencairannya melalui Bank BPK Cabang Muara Teweh,” ujar Masdulhaq.
Adapun tujuan bantuan dana dari Pemerintah Pusat ataupun Pemerintah Daerah adalah, untuk menuntaskan Wajib belajar sembilan tahun. Selain itu untuk membebaskan biaya Pendidikan bagi siswa yg tidak mampu dan meringankan siswa lain. Diharapkan tambah Masdulhaq, para siswa dapat memperuoeh Pendidikan yang bermutu.

Sementara Sasaran Program Bos / Bosda adalah seluruh siswa SD dan SMP baik Sekolah Negeri maupun sekolah swasta. Sasaran dari penyaluran dana inipun adalah, mengurangi angka putus sekolah serta meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah.
Selain itu, mewujudkan keberpihakan Pemerintah Pusat bagi peserya didik yg orang tuanya tidak mampu.

“Tujuan Kegiatan Sosialisasi Penggunaan Dana Bos-bosda adalah untuk perubahan pola pikir dan kemampuan Kepala Sekolah maupun bendahara dalam mengelola biaya operasional sekolah yang dianggarkan pada APBN maupun dari APBD.sehingga dalam penyelesaian semua SPJ ( Pertanggung jawaban ) keuangan tidak ditemukan kesalahan lagi,” tegasnya.

Dia juga berharap, melalui sosialisasi ini menjadikan Pendidikan di Kabupaten Barito Utara ini menjadi lebih baik dan tidak ada lagi penyimpangan dalam penggunaan dana BOS,BOSDA dan PIP .(Nie)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here