MUARA TEEH,1tulah.com-Sudah dua malam ini puluhan karyawan PT Berjaya Agro Kalimantan(BAK) tidur di Gedung DPRD Barito Utara, Kalimantan Tengah. Mereka menyertakan anak dan istri, meski tidur hanya beralaskan terpal dan tikar seadanya. tekad mereka tak akan pulang jika tuntutan hak gaji dan THR belum dibayar oleh pihak perusahaan tempat mereka bekerja.

“Kalau kami pulang ke camp, tidak ada lagi yang bisa dimakan. Kami kelaparan dan anak-anak yang paling merasakan akibat gaji orang tuanya tidak dibayar PT BAK. Kami putuskan menginap di gedung DPRD, supaya ada yang bisa beri perhatian kepada kami,” kata karyawan bernama Romansius kepada wartawan, Selasa (12/2).

Orang nomor satu di Barito Utara, Bupati Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra dan pejabat lainnya, sempat mengunjungi mereka. Dia menyaksikan sendiri betapa perjuangan karyawan tersebut untuk mendapatkan hak-haknya.

Kepada Nadalsyah, karyawan PT BAK menaruh harapan tinggi. Wensislaus Gamat, perwakilan karyawan, mengutarakan beginilah keadaan karyawan yang tak dibayarkan gajinya oleh PT BAK.

“Tak ada niatan atau keinginan untuk berbuat begini. Tapi kami sangat menderita. Sejak Oktober, kami tidak menerima gaji,” ujar pria asal Nusa Tenggara Timur itu.

Nadalsyah menyebutkan Pemerintah Kabupaten Barito Utara memberi perhatian khusus terhadap persoalan ini. Dia akan segera memanggil petinggi PT BAK untuk menyelesaikan persoalan.

Namun ketika rapat digelar, Selasa(12/2) Bupati Batara Bersama Ketua DPRD Set Enus Y Mebas, Wakil Bupati Sugianto, Sekda Jainal Abidin Bersama pejabat tinggi lain, ternyata pihak managemen perusahaan PT Bak tak menampakkan batang hidungnya.

Ketua DPRD Batara Set Enus menolak memberikan jawaban detail. “Singkatnya, ada rencana jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek, kalau pemerintah meminta karyawan untuk pulang, harus disediakan beras dan sembako kebutuhan hidup mereka, sampai masalah ini bisa diselesaikan. Itu yang harus dibicarakan dengan pihak perusahaan,” ujar Set Enus Y Mebas.(*)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here