MUARA TEWEH,1tulah.com – Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia(IPHI) Kabupaten Barito Utara(Batara) menggelar pelatihan manasik haji. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari berturut-turut ini bekerjasama dengan Depatemen Agama setempat, sejak tanggal 9 hingga 10 Februari 2019. Sebelumnya, 122 Jamaah Calon Haji tahun 2019 inipun melakukan poto dan ambil sidik jari, guna melengkapi persyaratan pembuatan passport.

Ketua IPHI Barito Utara, Arbaidi ketika membacakan sambutan Bupati Nadalsyah mengatakan, mengerjakan ibadah haji ke tanah suci Mekkah Al Mukarramah disamping sebagai ibadah kepada Allah SWT, jamaah calon haji dituntut untuk memperhatikan hubungan dan manfaat lainnya yang perlu dibina dan dipupuk dalam melaksanakan ibadah haji.

Diataranya, memupuk ukhuwah islamiyah dengan seluruh jamaah calon haji baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri. “Sehingga citra kita akan terkesan baik dan inilah di mata kaum muslimin sedunia. Memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta persaudaraan yang lebih erat sesama jamaah calon haji Indonesia pada umumnya dan daerah pada khususnya,” ujar Nadalsyah.

Bupati dalam pidatonya berharap, dalam melaksanakan ibadah haji nantinya kepada semua jamaah calon haji untuk memperhatikan lima tertib haji. Yakni tertib ibadah, tertib kesehatan, tertib makanan dan minuman, tertib istirahat dan tertib barang.

Karena menurutnya, ibadah haji merupakan rukun islam yang kelima yang wajib dilaksanakan oleh umat islam yang mempunyai kemampuan untuk melaksanakannya.

Oleh karenanya, sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji ketanah suci Mekkah Almukarramah, harus lebih dahulu mempersiapkan diri dengan bermacam-macam persiapan secara matang dan teratur, baik dalam bentuk material maupun ilmu pengetahuan yang diperlukan untuk itu.

“Sehingga dalam melaksanakan ibadah  nantinya kita akan memperoleh hasil. yang baik dan memuaskan yaitu haji mabrur dan maqbul yang diridhai oleh allah swt. Karena haji yang mabrur itulah yang menjadi dambaan dan harapan kita semua,” tukasnya.

Sementara itu Kepala Kemenag Batara Tuaini Ismail menyampaikan, manasik haji merupakan suatu kesempatan baik bagi para calon jamaaj haji Kabupaten Barito Utara dalam rangka memberikan pengetahuan mengenai tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar sesuai dengan arahan dan bimbingan tim pembimbing.

“Karenanya kepada jamaah calon haji saya harapkan dapat menyimak penyampaian materi dengan baik. manasik haji ini merupakan gladi resik yang akan dilaksanakan ditanah suci nanti,” timpalnya.(*)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here