Foto Ilustrasi_NET

MUARA TEWEH,1tulah.com – Pada tahun 2017, jumlah temuan TBC di wilayah Kabupaten Barito Utara sebanyak 211 penderita. Namun telah diobati sesuai dengan standar pengobatan program TBC Kementerian RI dari target 224 penderita (94 persen). Sedangkan temuan pendenta TBC d Tahum 2018 sebanyak 198 penderita TBC dari target 273 panderita (73 persen). Hal itu terunkap dalam monitoring dan evaluasi program Tuberkulosis (TBC) oleh Dinkes Batara, baru-baru lalu.

Plt Dinkes Batara Siswandoyo melalui  Kabid P2P Nurman menerangkan, penyebab utama yang mempengaruhi meningkatnya beban TBC antara Iain belum optimalnya pelaksanaan program TBC (beban kerja, anggaran, sarana dan prasarana). Belum memadamya tatalaksana TBC di Fasyankes, masih kurangnya keterlibatan lintas program dan lintas sektor dalam penanggulangan TBC serta faktor sosial ekonomi masyarakat yang rendah.

“Untuk tercapainya target Program penanggulangan TBC Nasional, perlu diadakannya kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program TBC tingkat Fasyankes (Puskesmas dan RSUD) di Kabupaten Barito Utara,” bebernya.

Apalagi, pertemuan evaluasi ini mempunyai peran yang sangat panting untuk meningkatkan cakupan pelayanan pemberantasan penyakit TBC.

Menurutnya, pelaporan data P2TBC dilaksanakan agar diperoleh data yang akurat untuk diolah, dianalisis, diinterpretasi, disajikan dan disebarluaskan untuk dimanfaatkan sebagai dasar perbaikan program.

Perlu diketahui, kata dia,  bahwa program Indonesia Sehat dilaksanakan  melalui upaya kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan kesehatan.

“Penanggulangan penyakit Tuberkulosis yang merupakan penyakit manular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis,” tandasnya.

Penanggulangan TBC dilakukan dengan segala upaya kesehatan yang mengutamakan aspek promotif dan preventif. tanpa mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitatif, yang ditujukan untuk melindungi masyarakat dari penyakit tuberkulosis.(*)

 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here