MUARA TEWEH,1tulah.com – 7 (tujuh) Pasar Rakyat yang dibangun tahun 2018 secara bersamaan, diresmikan penggunaannya oleh Bupati Barito Utara, Nadalsyah,Senin(4/2/2019).

Ketujuh pasar yang diresmikan itu antara lain, Pasar Rakyat Bebas Banjir (PBB), Pasar Lahei II, Pasar Kamawen, Pasar Ketapang , Pasar Jamut, Pasar Montalat dan Pasar Rakyat Tumpung Laung. Peresmiannya ditandai dengan pemotongan pita oleh dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Barito Utara.

Nadalsyah mengatakan pasar merupakan wadah yang memiliki fungsi sosial yang strategis bagi masyarakat, terutama dalam penanaman nilai-nilai kebersamaan dan persatuan yang selanjutnya akan dapat menumbuh kembangkan rasa saling peduli dan rasa saling membutuhkan antar masyarakat.

BUpati saat meninjau Pasar bebas Banjir(PBB) di Muara Teweh

Mengingat fungsi penting itulah, maka Pemerintah Kabupaten Barito Utara telah merumuskan sebuah program maupun kebijakan yang strategis sebagai bentuk implementasi komitmen nyata untuk tahun-tahun mendatang tetap mengalokasikan anggaran dalam rangka melakukan rehab los-los pasar yang rusak, memperbaiki dan menambah fasilitas-fasilitas penunjang hingga membangun baru pasar-pasar rakyat sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang tersebar di seluruh Kabupaten Barito Utara.

Dia menambahkan, pembangunan pasar ini merupakan salah satu bentuk komitmen kuat dari Pemkab Barito Utara dalam menjamin terciptanya nilai kebersamaan serta makna pengembangan aktivitas ekonomi masyarakat. Selain itu keberadaan pasar ini merupakan upaya untuk lebih mendekatkan akses masyarakat terhadap pemasaran produksinya, baik produksi industri rumah tangga, maupun produksi pertanian.

“Untuk itu saya berharap keberadaan pasar PBB ini nantinya akan dapat meningkatkan  kesejahteraan masyarakat, melalui penciptaan nilai tambah dari penjualan produksinya. Dengan kata lain, pembangunan dan keberadaan pasar ini, akan memberikan makna bahwa Pemkab Barito Utara secara konsisten dan terus bekerja keras untuk melakukan akselerasi terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” terang dia.(*)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here