MUARA TEWEH,1tulah.com– Pemerintah Kabupaten Barito Utara(Batara) suport peternak Unggas Ayam petelur dan ayam pedaging. Di tahun 2019 ini, melalui Dinas Pertanian, mencoba pengembangan ternak Unggas Ayam petelur dan Daging. Caaranya, dengan bekerjasama dengan salah perusahaan.

Kepal Dinas Pertanian Batara, Setia Budi mengatakan, dalam pengembangannya Pemkab kabupaten akan dibantu Pemerintah Provinsi, terutama dalam pembuatan kendang uanggas dan fasilitasi. Sedang perusahaan swasta membantu bibit, pakan, serta membeli hasil peternakan, yang selanjutnya dipasarkan.

Sementara Dinas Pertanian daerah, juga akan menyediakan sarana prasarana serta memberikan pembinaan kepada para peternak. Lalu bagaimana dengan peternak itu sendiri? Dijelaskan Budi, syarat yang harus dipenuhi oleh peternak, minimal memelihara 5.000 ribu ekor ayam petelor maupun ayam pedaging.

Saat ini katanya sedang dilakukan penetapan calon petani dan calon lahan (PCPL).  Pihak perusahaan tidak membatasi berapa kelompok tani yang akan mengikuti program ini.

“Kita sudah pernah diundang ke kota Palangkaraya untuk melakukan rapat bersama pihak perusahaan dan mereka juga telah memaparkan dihadapan semua kepala dinas yang hadir pada saat itu, dimana saja daerah-daerah yang berminat,” tambahnya.

Kerjasama ini, lanjut Budi, dalam bentuk bagi hasil. Harus komitmen dengan perusahaan pemilik modal yang memberikan bibit dan pakan. Untuk sasaran memang masih belum ada, namun untuk peternakan yang berkembang pesat saat ini adalah di Kecamatan Teweh Tengah yang terletak di dusun Parang Kampeng dan Wonorejo.

“Program ini perkirakan sudah mulai berjalan pada bulan April, tentunya dengan harapan bisa berjalan lancar seperti apa yang kita harapkan,” imbuhnya.(*)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here