MUARA TEWEH,1tulah.com – Hujan lebat semalam membuat puluhan rumah dan jalan negara Muara Teweh-Banjarmasin terendam banjir. Tidak itu saja terjangan air ini juga membuat aktifitas belajar mengajar di salah sekolah dasar(SD) di desa itu terganggu.

Hujan mengguyur kabupaten Barito Utara (Batara) hampir 8 jam mulai pukul 21.00 Wib.  Ketinggian air mulai sekira tengah malan. Banjir merendam ruas jalan negara itu dan rumah warga dengan ketinggian air sekitar 0,5 meter sampai 1,5 meter.
Banjir di jalan negara atau di sekitar kawasan pasar Desa Sikuy itu, terpantau mencapai sepanjang 500 meter dan rumah warga yang berada di kanan dan kiri jalan terendam banjir setinggi lutut orang dewasa.


Banjir mengakibatkan gangguan arus transportasi darat dari Muara Teweh ke luar daerah dan sebaliknya. Akibatnya terjadi antrean panjang baik sepeda motor maupun mobil dan truk.
Hartoyo, salah warga Desa Sikuy mengatakan kalau hujan masih terjadi maka kondisi air diperkirakan terus naik dan arusnya deras hingga merendam rumah warga dan jalan akses keluar daerah.
“Banjir ini biasanya tidak lama antara 4-5 jam kemudian sudah surut, namun telah mengganggu aktivitas masyarakat dan anak sekolah, bahkan sekolah terpaksa ditunda hingga jam 10.00 Wib nanti, sambil melihat banjir surut,” kata Hartoyo yang juga menjabat Kepala SMAN 1 Teweh Baru di Desa Sikui.

Sementara di Kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Baru, akibat derasnya hujan mengakibatkan banjir akibat drainase tidak berfungsi dan pembuangan air terlalu kecil di lokasi RT 3 Kelurahan Jingah, persis di rumah mantan lurah Jingah bapak badarudin. Menurut Lurah Jingah Ali Wardana, jumlah rumah yang tergenang air sebanyak 5 buah rumah.
“Kami sudah dua kali mengusulkan agar dibuat gorong-gorong yang memadai, karena gorong-gorong yang ada hanya swadaya masyarakat dan masyarakat berharap kiranya pihak pemda sesegera mungkin membantu pembuatan pembuangan air yang cukup untuk pengeringan wilayah genangan air,” timpal Ali Wardana, Rabu pagi.
Menurutnya, kejadian hampir setiap adanya insitas hujan yang tinggi dan selalu terjadi banjir.

Sementara dalam kota Muara Teweh Akibat diguyur hujan semalam suntuk, mengakibatkan sebagian wilayah di sekitar Muara Teweh terendam banjir.
di antaranya jalan Ahmad Yani persis di depan kantor Perikanan, belakang Bappeda, dan jalan Ronggolawe. Sehingga membuat aktivitas masyarakat tidak terganggu.(*)

 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here