Bupati Nadalsyah saat memberikan penghargaan kepada jajaran dibawahnya.

MUARA TEWEH,1tulah.com -Bupati Barito Utara (Batara)  Nadalsyah mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan peran serta semua jajaran SOPD lingkup Pemkab Barito Utara, atas peran serta dalam merespon dan membantu upaya percepatan pembangunan di daerah Kabupaten Batara.
Selain itu, mereka juga mampu menghadapi segala permasalahan dan tantangan termasuk penanggulangan bencana yang menimpa Kabupaten Barito Utara dalam tahun 2018.
“Apa yang telah dilakukan saudara-saudara telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Nadalsyah, Senin (7/1/2019).
Menurutnya, tantangan serta masalah yang berkaitan dengan kebencanaan akan selalu datang tanpa kita ketahui kapan serta dimana kejadiannya.
Dia mengatakan, tahun ini semua telah merasakan perubahan cuaca ekstrim yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. “Kabupaten Barito Utara merupakan salah satu daerah yang ikut merasakan akibat perubahan iklim tersebut,” imbuhnya.
Lebih lanjut Nadalsyah mengatakan, dalam upaya pengurangan resiko bencana, seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat harus tanggap terhadap ancaman bencana. Bukan hanya saat terjadi tanggap darurat bencana, tetapi juga pada pra bencana dan pasca bencana.
“Penanggulangan bencana tidak lagi dititik beratkan pada penanganan kedaruratan, namun lebih pada pengurangan resiko bencana dan pasca bencana,” tandasnya.
Karenanya, tambah dia, dalam upaya ini diperlukan kerjasama dan langkah-langkah konkrit dari seluruh pihak, baik dari institusi pemerintah, maupun swasta, baik yang berada di Kabupaten, kecamatan, kelurahan maupun desa, seluruh jajaran keamanan, kesehatan, ORARI, RAPI dan relawan muda peduli bencana.
Untuk diketahui, wilayah Barito Utara dilalui oleh sungai besar yaitu sungai Barito dan tiga anak sungai yaitu sungai Lahei, sungai Tewei dan sungai Montallat.(*)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here