Indonesia itu tak hanya kaya panoramanya. Makanan dan sayuran pun juga beragam macam sebutannya. Kamu semua pasti tau dengna Tahu isi sayuran. Didunia gorengan ia mempunyai nama beragam. Malah setiap daerah sebutannya berbeda-beda.

Informasi tentang nama alias atau sebutan lain bagi tahu isi ini perlu banget kamu simak. Siapa tahu kamu sedang pergi ke suatu daerah, sehingga tidak bingung saat mendengar istilah lain dari masyarakat sekitar yang merujuk pada tahu isi.

Berikut ini beberapa nama lain dari tahu isi yang telah  rangkum.

1. Tahu Susur

 

Masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya menyebut tahu isi dengan tahu susur. Kenapa tahu susur? Karena mirip mulut yang dijejali susur alias gulungan tembakau.

Sebagaimana tahu isi sayuran lainnya, tahu susur isinya juga aneka sayur seperti wortel, kol, maupun taoge. Tahu yang digunakan untuk tahu susur adalah tahu putih. Selanjutnya setelah tahu diberi isian berupa tumis sayuran, dicelupkan dalam adonan tepung, kemudian digoreng.

2. Tahu Berontak

Lucu ya namanya, tahu berontak. Konon namanya berontak karena zaman perjuangan kemerdekaan dulu, para istri membuat tahu isi sayuran untuk bekal para suami yang melakukan pemberontakan pada penjajah.

Ya, sejumlah daerah menyebut tahu isi dengan nama tahu berontak. Misalnya saja daerah Cilacap dan Lumajang. Umumnya tahu berontak dibuat menggunakan tahu biasa yang dibagi dua, sehingga berbentuk segitiga. Selanjutnya diberi isian kol dan wortel tumis. Beberapa orang menggunakan irisan cabai agar tahu berontaknya makin nikmat.

Seperti tahu susur, tahu berontak juga dibaluri adonan tepung terlebih dahulu sebelum digoreng.

Sedangkan di Padang, ada juga tahu berontak, tapi sedikit berbeda. Tahunya bukan diberi isian, justru adonan tepung kental yang diberi irisan kol tipis membungkus tahu yang sudah dipotong kotak-kotak kecil.

3. Tahu Bunting

Beberapa orang lainnya menyebut tahu isi dengan sebutan tahu bunting. Hmm, mungkin karena saking penuhnya isian di dalamnya membuat tahu membesar, mirip perut ibu hamil.

Tahu bunting merupakan camilan yang banyak ditemukan di kota Lampung. Isian tahu bunting biasanya adalah bihun yang diberi campuran wortel dan dibumbui. Setelah itu, baru digulingkan di adonan tepung dan digoreng.

Palembang juga menyebut tahu isi dengan nama tahu bunting lho. Isiannya seperti kebanyakan tahu isi yakni taoge, kol dan daun bawang.

4. Tahu Sumpel

Beberapa daerah di Jawa Tengah menyebut tahu isi dengan nama tahu sumpel. Maklum, tahu disumpel dengan sayuran sebelum diberi adonan tepung dan digoreng.

Kini tak cuma sayuran saja yang digunakan sebagai sumpalan tahu, tapi ada juga yang berkreasi dengan mi bahkan mencampurnya dengan irisan daging ayam. Apapun isiannya, cocok banget dimakan dengan cabai atau dicocol ke saus sambal.

5. Gehu

Nah, nama lain dari tahu isi adalah gehu. Ini merupakan singkatan dari taoge tahu. Maksudnya, isian dari tahunya adalah taoge. Biasanya taoge ini ditambah dengan sayuran lain seperti kol dan wortel, serta ada juga yang memberi campuran bihun.

Gehu adalah salah satu makanan favorit masyarakat Sunda. Biasanya gehu memiliki cita rasa pedas karena isiannya dicampur dengan cabai giling. Bahkan enggak jarang, tepung atau kulit gehunya juga dicampur dengan cabai.

Bagaimana dengan daerahmu, apa nama sebutan untuk tahu isi?

(sumber kumparan)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here