Bacaleg dua kabupaten Murung Raya dan Barito Utara, saat mengikuti tes kejiwaan.
Bacaleg saat mengikuti tes kejiwaan

1tulah.com,MUARA TEWEH– Salah satu persyaratan untuk mendaftar sebagai calon anggota legislatif adalah sehat jasmani, rohani dan bebas dari penggunaan obat-obat terlarang seperti narkoba. Senin (9/7) ratusan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) mengikuti tes kesehatan rohani (kejiwaan) yang dilaksanakan di ruang paripurna DPRD setempat, Senin (9/7). Tak tanggung dua Bacaleg dari Kabupaten Barut dan Mura yang mengikuti. Karena animo cukup tinggi, tes dibagi dua sesi pagi dan siang dan dilaksanakan selama dua hari.
Koordinator tim pemeriksa kesehatan Bacaleg, dr Fahmi Syamsul mengatakan, ada ratusan Bacaleg dua Kabupaten yang mengikuti. Tujuan dari tes ini adalah, memberikan gambaran tentang dimensi-dimensi kepribadian dan psikopatologi yang penting dalam klinik psikiatri secara akurat.
“Sebanyak 337 orang bakal calon legislatif (Bacaleg) dua Kabupaten yakni Kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Murung Raya yang mengikuti tes kejiwaan,” kata Fahmi Syamsul, Senin (9/7)
Menurut ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Batara ini, yang dilaksanakan adalah tes kesehatan rohani dan yang memeriksanya sesuai dengan Peraturan KPU adalah dokter spesialis kesehatan jiwa. “Saat ini kita dari Kabupaten Barito Utara hanya memfasilitasi untuk mendatangkan tim dokter spesialis kesehatan jiwa dari Universitas Pajajaran dan Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung Jawa Barat, sebagai tim untuk memeriksa kesehatan bacaleg,” bebernya kepasa wartawan.

Menurut Fahmi, untuk pemeriksaan kesehatan psikologis seseorang bermacam-macam alat yang akan digunakan, salah satu alat yang akan digunakan untuk pemeriksaan ini adalah alat Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI). (deni)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here