Delapan Nama Pemenang Pilkades Serentak Barito Selatan

0
100

BUNTOK – Ada delapan nama yang menjadi pemenang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang dilaksanakan di delapan desa di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah pada 3 Oktober 2017.

“Delapan nama itu berdasarkan hasil rekapan yang disampaikan masing-masing desa, “kata Kabid Administrasi Pemerintahan Desa dan Kelembagaan pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa Barsel, Bambang Purwadi, di Buntok, Rabu (04/10).

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil rekapan yang disampaikan tersebut, H Sunarto pemenang Pilkades di Desa Babai, Septha di desa Talio, dan Deny Saputra di Desa Teluk Sampudau, Kecamatan Karau Kuala.

Untuk Pilkades di Desa Muara Singan, Kecamatan Gunung Bintang Awai dimenangkan Rendi, dan Pilkades di Desa Pamangka, Kecamatan Dusun Selatan dimenangkan Wunto.

“Sedangkan pemenang Pilkades di Desa Lehai, Said Abdul Hadi, Desa Mahajandau Kecamatan Dusun Hilir, Habsir, dan Pilkades di Desa Rantau Bahuang, Kecamatan Jenamas dimenangkan Muslim,”jelasnya.

Ia menyampaikan, setelah 7 hari pelaksanaan Pilkades tersebut tidak ada gugatan, maka pihaknya akan menerbitkan Surat Keputusan (SK), dan kemudian menjadwalkan pelantikannya.

“Untuk acara pelantikannya tergantung Bupati Barito Selatan, apakah nantinya dilantik secara serentak di Buntok, atau dilantik dimasing-masing desa,”ucap Bambang Purwadi.

Menurut dia, pelaksanaan Pilkades secara serentak ini sesuai dengan Peraturan Daerah Barito Selatan Nomor 6/2015 tentang pelaksanaan pemilihan kepala desa secara serentak.

“Sedangkan untuk tata cara pemilihannya telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Barito Selatan Nomor 07/2015 tentang tata cara pemilihan kepala desa,”tambah dia.

Pilkades secara serentak pada 2017 ini merupakan pelaksanaan gelombang kedua, dan untuk gelombang pertamanya telah dilaksanakan pada 2015 lalu, dan untuk gelombang ketiga akan dilaksanakan pada 2019 mendatang.(kba_07/ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here