KUALA PEMBUANG – Kepolisian Resor Seruyan, Kalimantan Tengah, menyiagakan personel untuk mengamankan perayaan Hari Idul Adha 1438 Hijriah di wilayah tersebut.

“Kita akan mengamankan perayaan Idul Adha dengan mengerahkan sepertiga kekuatan yang ada di Polres Seruyan,” kata Kapolres Seruyan AKBP Nandang Mu’min Wijaya saat Apel Kesiapsiagaan Pengamanan Idul Adha di Kuala Pembuang, Kamis (31/8)

Ia menjelaskan, puluhan personel Polres Seruyan beserta jajaran yang dikerahkan akan bertugas melakukan pengamanan, mulai dari pawai lebaran, salat Idul Adha, pemotongan hingga selesai pembagian hewan kurban yang dilaksanakan di sejumlah masjid.

Selain pengamanan di masjid, pengamanan juga dilakukan di tempat-tempat yang ramai dikunjungi masyarakat saat lebaran Idul Adha, seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan lainnya.

“Kita berharap dengan adanya dukungan pengamanan ini, maka perayaan Idul Adha dapat berjalan dengan aman dan tertib,” katanya.

Mantan Kasubdit I Dit Narkoba Polda Kalteng ini mengimbau, bagi warga yang berlebaran ke kampung halaman atau akan bepergian ke luar kota juga hendaknya tidak lupa untuk memastikan bahwa rumah yang ditinggalkan dalam keadaan aman, yakni dengan mematikan kompor, mencabut tabung gas, dan juga listrik-listrik yang masih menyala.

Hal yang penting lainnya juga adalah jangan meninggalkan barang-barang atau surat-surat berharga di rumah yang sedang kosong.

“Sebagai antisipasinya, warga yang hendak meninggalkan rumah untuk berlibur, mudik Lebaran atau untuk keperluan lain dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya menitipkan rumahnya kepada RT, keluarga atau tetangga sekitar rumah,” katanya.

Perwira menengah Polri itu menambahkan, kepolisian juga akan terus melaksanakan giat patroli rutin, terutama di titik-titik yang dianggap rawan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat atau kamtibmas.

“Kepolisian juga menempatkan personel di titik rawan gangguan kamtibmas, termasuk menempatkan petugas di pelabuhan dan terminal. Semuanya dilakukan untuk memastikan keamanan masyarakat terjamin,” katanya.(kba_07/ant)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here