Tiga Desa Situbondo Budi Daya Udang Vaname

0
112

SITUBONDO – Sebanyak tiga desa di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mulai membudidayakan udang vaname menggunakan kolam mini dari terpal dengan pembiayaan praktik budi daya udang itu bersumber dari dana desa.

“Budi daya udang vaname ini sudah sesuai dengan potensi Situbondo, yaitu laut dan karenanya memaksimalkan apa yang ada di sekitar desa yang khususnya berada di sekitar pantai,” ujar Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Situbondo Yogie Kripsian Sah di Situbondo, Sabtu (12/8).

Ia menyebutkan tiga desa yang sudah mulai membudidayakan udang vaname itu, di antaranya Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Desa Kilensari, dan Desa Gelung, Kecamatan Panarukan.

Selain itu, katanya, pemerintah kabupaten juga telah mengarahkan 32 desa lainnya di daerah pesisir menggunakan dana desa (DD) untuk budi daya udang vaname.

“Tentunya budi daya udang oleh desa ini untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat di desa itu sendiri. Dan usaha ini akan membawa dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Dengan adanya kegiatan budi daya udang di desa, kata dia, nantinya bisa menambah tenaga kerja, pendapatan warga, serta pendapatan desa yang semuanya berujung pada kesejahteraan warga desa pesisir.

“Beberapa waktu lalu 35 kepala desa telah mendapatkan materi pembudidayaan udang vaname dengan menggunakan terpal. Mulai dari perencanaan awal berupa pembangunan kolam terpal hingga perhitungan untung rugi, semua dijelaskan secara rinci kepada kepala desa,” tuturnya.(kba_04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here