KUALA PEMBUANG – Kelompok tani yang berasal dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menerima bantuan alat dan mesin pertanian yang digunakan untuk menunjang produktivitas.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan Sugian Noor di Kuala Pembuang, Senin (7/8), menyebutkan bantuan alat pertanian yang diterima kelompok tani terdiri dari dua unit traktor roda empat, lima unit traktor roda dua, dan lima unit mesin pompa air.

“Alat pertanian yang diterima petani bersumber dari dana aspirasi Anggota DPR RI Dapil Kalteng Hamdani melalui Kementerian Pertanian (Kementan),” katanya.

Mantan Asisten II Sekretariat Daerah Seruyan ini menambahkan selama dua tahun terkahir, Pemerintah Kabupaten Seruyan telah menyalurkan bantuan sekitar 750 unit alat pertanian kepada petani yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Bantuan itu diberikan untuk mendukung program upaya khusus dan percepatan swasembada pangan di Seruyan,” katanya.

Bupati Seruyan Sudarsono usai menyerahkan alat pertanian menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Hamdani yang selama ini telah berkontribusi begitu banyak untuk pembangunan pertanian di “Bumi Gawi Hatantiring”.

“Harapan kita, petani yang telah menerima bantuan alat pertanian dapat memanfaatkannya secara maksimal, jangan sampai nganggur dan jadi rongsokan,” katanya.

Ia juga meminta kepada DKPP melalui penyuluh di lapangan agar selalu melakukan pendampingan lanjutan seperti memberikan bimbingan teknis dan manajerial serta selalu memantau pemanfaatan alat pertanian.

“Tantangan ke depan adalah bagaimana meningkatkan produktivitas pertanian, karena itu saya berharap dengan bantuan alat pertanian produktivitas petani kita dapat terus ditingkatkan,” katanya.(kba_07)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here