MUARA TEWEH – Masalah kesehatan sekarang semakin komplek, semakin teknologi maju semakin masalah kesehatan bermunculan, dan ini tak mungkin bisa ditanggulangi oleh dinas kesehatan saja.

Kadis Kesehatan Kabupaten Barito Utara (Barut) Kalimantan Tengah Robansyah mengutarakan, keberhasil pembangunan tak lepas didukung tiga pilar yakni pemerintah, peran dunia usaha dan peran serta masyarakat. Jika tiga pilar bisa bersinergi maka kesinambungan program pembangunan bisa terus dipertahankan dan tetap kuat.

“Tiga pilar itu harus bersinergi tak terkecuali lintas sektoral dalam mendukung program kesehatan ini. Sebaik apapun perencanaan dan pelaksanaan, tapi tanpa didukung oleh misalnya peran serta masyarakat, maka pembangunan akan sia-sia,” kata Robansyah dalam Lokakarya Mini Lintas sektoral UPTD Puskesmas Lanjas tingkat Kecamatan Teweh Tengah,  Kamis (20/7) lalu.

Dalam Permenkes 75 tahun 2014, kata dia, mengamanatkan bahwa yang namanya suatu Puskesmas itu, harus betul-betul menjadi Pusekesmas yang memang terakreditasi. Guna menjamin kepada masayarakat, bahwa masyarakat itu mendapatkan dan memperoleh pelayanan kesehatan dari institusi atau satuan pelayanan yang memang bisa dipertanggungjawabkan.

Sementara itu Camat Teweh Tengah Everiady Noor SE mengatakan, peran Kecamatan dalam lintas sektoral Akreditasi Puskesmas sudah ada ketentuan merujuk Dasar Permenkes nomor 75 tahun 2014 pasal 39. “Peran Kecamatan juga ikut bertanggungjawab terhadap kesehatan masyarakat dari Kecamatan Teweh Tengah,” cetusnya. (deni)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here