BANDUNG – Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Bambang Purwanto mengatakan hasil pemeriksaan sementara menunjukkan, pelaku perakit bom panci yang meledak di Sekejati Kota Bandung, Jabar, AW berniat masuk Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Menurut interograsi anggota, setelah meledakkan bom dia mau bergabung dengan ISIS di Filipina. Jadi dia terobsesi untuk itu,” kata Bambang saat kembali dari meninjau lokasi ledakan di Kampung Kubang Bereum, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, Sabtu (8/7).

Bom panci yang dirakit AW meledak di rumah kontrakannya sebelum diledakkan di beberapa tempat di Kota Bandung. Berdasarkan hasil interograsi polisi, tiga tempat yang menjadi sasarannya yakni sebuah kafe di Jalan Braga, rumah makan di Astana Anyar, dan Gereja di daerah Buah Batu.

“Targetnya, memang ke beberapa lokasi yang direncanakan. Keterangan itu dari tulisan-tulisan dia,” katanya.

Menurut Bambang, pelaku belajar merakit bom dari sebuah situs di internet. Polisi juga akan terus mencari keterkaitan jaringan AW dengan kelompok teroris lain.

“Masih dalam penyelidikan dan interograsi untuk mengetahui apakah individu atau jaringan mana. Tunggu satu atau dua hari nanti disampaikan,” katanya.

Sementara itu, Tim Puslabfor dan Inafis Mabes Polri telah melakukan olah tempat kejadian perkara di kontrakan yang didiami AW. Petugas membawa sejumlah dus.(kba_03)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here