Cuaca Dukung Kelancaran Bogor Sundown Marathon 2017

0
125
BOGOR – Pelaksanaan kejuaraan marathon dini hari dengan tajuk Mandiri Bogor Sundown Marathon 2017 yang mengambil start dan finis di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Minggu (9/7) sesuai jadwal dan cuaca menjadi salah satu pendukung kelancaran kejuaraan ini adalah cuaca.

Wali Kota Bogor Bima Arya yang pada kejuaraan ini juga menjadi peserta untuk kategori 10K mengaku cukup puas dengan pelaksanaan kejuaraan yang baru pertama kali digelar di Kota Hujan ini meski masih ada beberapa catatan yang harus segera diperbaiki untuk kejuaraan berikutnya.

“Kejuaraan berjalan dengan baik. Kita mulai dari marathon pukul 01.00 WIB disusul half marathon, 10K dan 5K. Peserta kami lihat cukup puas. Kami juga beruntung karena cuaca sangat mendukung,” kata Bima Arya setelah masuk finis di areal Kebun Raya Bogor.

Bogor selama ini dikenal dengan sebutan Kota Hujan. Dengan demikian, hujan bisa turun sewaktu-waktu. Namun, kondisi ini berbeda saat Mandiri Bogor Sundown Marathon berlangsung. Cuaca sangat bersahabat sehingga sangat mendukung pelaksanaan kejuaraan meski dilakukan dini hari.

“Selain cuaca, venue juga menantang. Jarang ada lintasan marathon seperti di sini. Naik turun. Kalau di Jakarta-kan flat. Ini juga menjadi nilai lebih. Semoga ke depan pelaksanaannya jauh lebih baik,” kata Bima menambahkan.

Meski puas, pria yang sebelumnya dikenal sebagai pengamat politik itu menjelaskan jika pelaksanaan kejuaraan ini ada beberapa hal yang harus dievaluasi. Salah satu yang menjadi pantauan adalah sterilisasi lintasan yang dinilai kurang maksimal.

Dengan kelancaran kejuaraan perdana ini, Bima menegaskan jika tahun depan pelaksanaannya akan dibuat lebih besar. Harapannya bisa menarik banyak wisatawan untuk datang ke Bogor dan bisa menjadi kota yang dipimpinnya menjadi “City of Runners”.

Mandiri Bogor Sundown Marathon 2017 diikuti sekitar 3.000 pelari dari semua kategori termasuk peserta asing yang berasal dari delapan negara. Kedepannya, target peserta kejuaraan yang diharapkan bisa mendunia ini adalah dua kali lipat dari saat ini.

Beberapa nama tokoh terlibat langsung pada kejuaraan ini. Sebut saja wakil gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno. Selain itu ada presenter Muhammad Farhan yang juga memberikan dukungan pada kejuaraan yang diharapkan menjadi wisata olahraga itu.

“Kegiatan ini pengaruhnya juga nyata. Hotel di sekitar Kebun Raya okupansinya mencapai 80 persen atau naik sekitar 20 persen dibandingkan dengan hari libur pada umumnya. Makanya, kedepan kita harus bisa lebih baik lagi,” kata Bima Arya menegaskan.(kba_03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here