MUARA TEWEH – Tidak berapa lama lagi guna memeriahkan hari jadi Kabupaten Barito Utata (Barut), Kalimantan Tengah ke-67, Dinas Kebudayaan, Parawisata, Kepemudaan dan Olah Raga (Disbudparpora) Barut, bakal menggelar perhelatan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan, pada pertengahan Juli ini di Muara Teweh.

Kepala Disbudparpora Barut, H Arbaidi, mengatakan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan akan diikuti oleh sembilan kecamatan yang ada di daerah ini. Mengenai tanggal pelaksanaannya, masih akan dilakukan rapat koordinasi dengan panitia hari jadi Kabupaten Barut.

“Mengenai hari dan tanggal pelaksanaannya, apakah H-3 sebelum puncak hari jadi Kabupaten Barut 17 Juli 2017 atau sesudahnya. Hal itu masih akan kita lakukan rapat lagi, sehingga tidak berbenturan dengan rangkaian kegiatan lainnya,” kata H Arbaidi yang juga mantan Kabag Humas Setda Barut ini, ketika ditemui 1tulah.com di ruang kerjanya, Senin (3/7).

Menurut H Arbaidi, rencananya kegiatan itu akan dilaksanakan di Stadion Terbuka Tiara Batara dan di bantaran Sungai Barito. Adapun panitianya dari pegawai Disbudparpora Barut dan sejumlah pihak terkait.

Adapun kegiatan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan, akan melaksanakan 12 jenis perlombaan, yakni Tari Pedalaman dan Tari Pesisir, Lomba Solo Vokal Lagu Daerah Barut kategori putra-putri, Lomba Solo Vokal Lagu Karangut dengan kategori yang sama, Lomba Olah Raga Tradisional Balogo, Lomba Olah Raga Tradisional Bagasing dan Lomba Olah Raga Tradisional Manyipet dengan kategori yang sama.

Selanjutnya, Lomba Olah Raga Tradisional Mangaruhi, Lomba Olah Raga Tradisional Besei Kambe Hakalawan dengan kategori sama dengan yang di atas, Lomba Olah Raga Jukung Tradisional kategori sama, Lomba Olah Raga Tradisional Sepak Sawut, Lomba Tradisional Maneweng Manetek dan Lomba Fotografi Daerah.

“Kami berharap sembilan kecamatan yang ada di Barut, bisa mengirimkan putra dan putri terbaiknya, guna mengikuti kegiatan ini, sehingga pelaksanaannya bisa menjadikan persaingan yang positif untuk pelestarian kebudayaan di daerah kita,” pungkasnya.(aprie)

 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here