Bantul Efektifkan Rumah Pemotongan Hewan

0
242

BANTUL – Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengefektifkan fungsi Rumah Pemotongan Hewan untuk menghasilkan daging, baik sapi maupun kambing, yang sehat di pasar tradisional setempat.

“Untuk pengawasan daging sapi dan kambing, memang perlu ada beberapa langkah yang kita ambil, yang pertama efektivitas RPH (Rumah Pemotongan Hewan),” kata Kepala Dinas Pertanian Pangan, Kelautan, dan Perikanan Bantul Pulung Haryadi di Bantul, Rabu (7/6).

Dia menjelaskan pengefektifan RPH dalam memotong hewan, terutama sapi, selain untuk menghasilkan daging sehat sebelum diedarkan ke pasar-pasar juga daging layak konsumsi karena disembelih dengan prosedur dan tata cara yang benar “Jadi kita tidak hanya perhatikan pada kesehatan hewan saja, akan tetapi juga pada syar’i tentang cara pemotongan hewan. Dan di RPH kita sudah menerapkan tata-tata cara pemotongan yang benar,” katanya.

Ia mengatakan peningkatan pengetahuan kepada para jagal tentang bagaimana memotong hewan secara benar, secara hukum maupun secara teknis kesehatan, sudah dilakukan selama dua kali menghadapi Bulan Puasa ini.

“Saat ini di Bantul ada dua RPH yang pengelolaan di bawah koordinasi pemkab, yaitu RPH di Segoroyoso untuk sapi dan RPH di Miri Sewon. Yang Segoroyoso sudah efektif, namun yang di Miri belum efektif, karena masih perlu pembenahan,” katanya.

Pulung mengatakan saat ini khusus sapi yang dipotong di RPH Bantul setiap hari rata-rata 20 ekor.

Jumlah pemotongan hewan itu, menurut dia, sudah lebih baik dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya yang jumlah per hari kurang dari lima ekor.

“Yang cukup saya senang dan bahagia itu sekarang RPH rata-rata 20 ekor tiap hari, kalau dulu kan tiga-empat sapi, dan sekarang sampai 20 itu sesuatu hal yang menggembirakan, apalagi kalau dipotong di RPH bisa awasi tentang kesehatan dagingnya,” katanya.

Pulung juga menambahkan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan hewan, saat ini jumlah dokter hewan ditambah dari sebelumnya satu dokter sekarang menjadi tiga dokter, dan bahkan buka pelayanan 24 jam.(kba_06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here