Harga Elpiji 3Kg Di Palangka Raya Rp.28.000

0
1090

PALANGKA RAYA – Memasuki hari ke-6 Ramadhan 1438 Hijriah terjadi kenaikan harga gas elpiji 3kg di sejumlah pedagang pengecer Palangka Raya hingga mencapai Rp28.000 per tabung.

“Ini baru enam hari puasa tapi gas elpiji 3kg sudah mecapai Rp28.000. Bagaimana kalau saat mendekati lebaran nanti,” kata salah satu warga Kelurahan Kereng Bangirai, Kota Palangka Raya, Diani Marfuah, Kamis (1/5).

Dia mengatakan, padahal harga rata-rata gas 3kg di tingkat eceran sebelum Ramadhan antara Rp20.000-Rp22.0000 per tabung.

“Yang ditakutkan jika harga gas terus naik, kita pasti akan susah apalagi saat lebaran juga banyak beperluan lain yang harus kita beli,” katanya.

Warga lainnya, Nurul Janah warga Jalan Pilau, Palangka Raya mengatakan, sejak beberapa hari terakhir, harga gas elpiji 3Kg di warung eceran sekitar rumahnya juga terus merangkak bahkan sebagian pedagang ada yang menjual Rp24.000 per tabung.

“Kalau harga di agen atau di pangkalan, saya tidak tahu karena memang selalu membeli di warung. Tapi memang harga gas ini bervariasi karena yang memiliki persediaan banyak menjual Rp22.000 dan yang stoknya sedikit Rp24.000,” katanya.

Tidak merata dan bervariasinya harga gas elpiji 3kg di tingkat eceran tersebut juga menyisakan pertanyaan bagi warga di “Kota Cantik” Palangka Raya.

Apalagi, beberapa waktu lalu, Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalimantan Tengah yang melakukan pengecekan ketersediaan gas elpiji mendapati pasokan gas 3kg maupun 15kg aman hingga Lebaran.

Bahkan, dalam pemantauan tersebut sejumah agen gas menyatakan berdasarkan pengelaman tahun sebelumnya, jumlah permintaan gas mendekati Lebaran menurun.

Untuk itu, Pemerintah Kota Palangka Raya, dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota beserta tim Satgas Mafia Pangan Kota dapat melakukan pemantauan hingga melakukan intervensi agar harga gas elpiji 3kg kembali normal.(kba_07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here