PAMEKASAN – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur akan melakukan “rukyatul-hilal” yakni melihat bulan secara langsung guna menentukan 1 Ramadhan 1438 Hijriah di Pantai Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan.

“Rukyatul-hilal akan kami lakukan pada Jumat (26/4) oleh tim Hisab dan Rukyat kita,” kata Kepala Kemenag Kabupaten Pamekasan Moh Shodiq di Pamekasan, Kamis (25/5)

Rukyatul-Hilal yang akan dilaksanakan di belakang Gudang Garindo, Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan itu, menurut Shodiq dimulai pukul 16.00 WIB.

Kemenag juga mengundang sejumlah organisasi keagamaan, seperti Persatuan Islam (Persis), Nahdlatul Ulama (NU), Sarikat Islam (SI), Hidayatullah dan Muhammadiyah Pamekasan.

Selain tim Hisab dan Rukyat Kemenag Pamekasan, tim lain yang juga akan melakukan “rukyatul-hilal” di Pantai Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan itu adalah tim hisab dan rukyat dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan Jurusan Syariah.

Menurut Kepala Kemenag Moh Shodiq, pihaknya sengaja memilih Pantai Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan sebagai lokasi untuk melihat bulan guna menentukan tanggal 1 Ramadhan, karena lokasi itu sudah disetujui oleh Menteri Agama.

“Di Pamekasan Pantai Desa Ambat itu yang telah mendapatkan SK dari Menteri Agama sebagai lokasi untuk melakukan rukyatul-hilal,” ujar Shodiq.

Pantai Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan ini merupakan salah satu lokasi di Jawa Timur yang biasa dijadikan tempat untuk melihat bulan dalam menetapkan tanggal 1 Ramadhan dan tanggal 1 Syawal.

Lokasi lainnya ialah di Tanjungkodok, Lamongan, Bukit Condrodipo, Gresik, Bukit Wonocolo Kedewan, Bojonegoro, Pantai Serang dan Bukit Banjarsari Blitar, Pantai Tanjung Mulya, Bawean dan Watukosek, Pasuruan.

Sedangkan di Pulau Madura, “rukyatul hilal” biasa dilaksanakan di Pantai Gebang, Bangkalan, Pelabuhan Taddan, di Kabupaten Sampang dan di Pantai Pasongsongan di Kabupaten Sumenep.(kba_04)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here