Jika bertandang ke Banjarmasin, tak lengkapnya jika tak mencicipi kuliner khas Kota Seribu Sungai ini. Selain nasi kuning, nasi Itik dan lontong, Soto Banjar adalah menu wajib yang harus dicicipi di banua(daerah) ini.

Yang jualan masakan ini banyak. hampir terdapat disepanjang jalan. namun ada yang terkenal dan kerap menjadi tujuan wisata kuliner warga dari luar Kalimantan. Kedai terkenal itu adalah  Soto Banjar Bang Amat. Kedai ini sudah berdiri sejak tahun 2001.

Di kedai ini Anda bisa menemukan Soto Banjar kuah bening, dan juga  soto Banjar kuah susu.

Soto Banjar kuah susu, adalah perpaduan susu encer dan telur itik yang diblender menjadi bahan utama kuah soto, dicampur beberapa rempah-rempah sebagai perpaduan rasa. Tampilan soto ini terlihat seperti kuah gulai berwarna putih dan lebih terlihat seperti lontong sayur ketimbang soto.

Soto ini, seperti kebanyakan umum, ada bihun, potongan telur itik, racikan kecil ayam, perkedel kentang, wortel dan taburan bawang goreng di atasnya. Dan wajib ada dalam menu soto adalah peneyedap rasa buah-buahan jeruk nipis peras.

Satu porsinya,  Soto Banjar Bang Amat dijual dengan harga Rp23 ribu saja. Sekali makan, perut akan terasa kenyang dibuatnya. Soto ini juga dapat Anda nikmati dengan beberapa tusuk sate ayam, emping atau kerupuk yang juga disediakan oleh kedai soto ini.

Di kedai ini, jam layanan buka adalah senin sampai minggu. hanya hari jumat kedai tutup. Dan ada yang lebih menarik di kedai yang lokasinya tepat berada di pinggir sungai Martapura ini, pengunjung disuguhi lagu-lagu khas daerah(live musik). Penasaran? yuk coba kunjungi.(*)

 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here