Lezatnya “Gonggong”, Cemilan Kenyal Gurih dari Kepri

0
573
Gonggong, cemilan lezat kenyal dan gurih dari Kepulaun Riau.

TANJUNGPINANG- Berkunjung ke Tanjung Pinang belum lengkap rasanya jika tak mencicipi cemilan lezat kenyal gurih bernama Gonggong. Kenapa hanya cemilan? Karena biasanya Gonggong disajikan oleh kebanyakan warga disana, sebagai pendamping hidangan utama.
Yang lebih membuat penasaran, konon cerita kebanyakan warga disini, Gonggong punya khasiat menambah gairah. “Orang Jakarta dan orang dari luar daerah jika datang kesini, selalu mencari Gonggong,” ujar Jarwo kepada 1tulah.com.
Gonggong adalah salah satu jenis kerang-kerangan(keoang,red) yang banyak ditemui di Kepulauan Riau. Melihat bentuknya, mungkin yang terbayang adalah hiasan-hiasan dinding dari kerang-kerangan yang biasa menjadi pajangan di rumah.
Penampilannya pun saat disajika di atas meja, terlihat tidak terlalu istimewa. Keong-keong itu hanya direbus dan disajikan saat masih hangat.Tidak tampak bumbu atau warna yang bisa menambahkan selera.
Lalu dimana ras lezat dari benda ini? Ternayta ada didalamnya. Bagian dalamnya terdapat hewan yang sangat lezat jika dimakan.
Cara mengonsumsinya pun unik. Untuk mengeluarkan Gonggong yang ada di dalam cangkang kerang, dibutuhkan bantuan tusuk gigi. Anda harus sedikit berusaha mencungkil gonggong yang bersembunyi di dalam sebelum melahapnya.
Jika berhasil mencungkil dagingnya, Gonggong bisa langsung dimakan. Saat digigit, daging akan terasa kenyal dan gurih nya sangat terasa. Namun dari rasa sedikit berbeda dengan kerang lainnya. Tekstur dan kekenyalannya lebih mirip dengan daging cumi yang kenyal.
”Dia enak dimakan ketika panas, dan sangat simpel hanya direbus menggunakan air panas, tanpa ada campuran dan aneka bumbu penyedap. Tapi kelezatannya silahkan anda cicipi,” terang Jarwo, warga Pati(Jawa Tengah) yang sudah menetap sejak tahun 1965 di Tanjung Pinang.
Sebagai pelengkapnya, Daging Gonggong bisa celupkan sambal kacang atau sambal kecap yang dicampur dengan irisan cabai rawit dan bawang merah. Jika sukses mengelarkan satu daging gonggong, rasanya tak cukup jika hanya satu buah. Karena cita rasa Gonggong yang didahului sensasi cungkil mencungkil daging tampaknya menjadikan makanan unik ini memiliki nilai plus untuk dinikmati.
Di Kepulauan Riau terutama di Tanjung Pinang, makanan khas ini sangat mudah ditemukan di rumah makan yang menyajikan seafood. Konon dulu, daerah Kepulauan Anambas Gonggong sangat melimpah. Namun belakangan, masyarakat setempat jarang menangkap seafood ini karena produksinya sudah mulai berkurang.(deni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here